3 Hal Penting Tangani Luka di Rumah Saat PSBB Total

Ilustrasi membalut luka dengan kain kasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selama di rumah saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), terdapat berbagai kegiatan di mana kita perlu mempersiapkan diri. Misalnya saja dalam kegiatan sederhana seperti memasak. Memasak itu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan bagi yang hobi masak tentunya. 

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Nah, untuk kegiatan kantor juga, selama work from home ini, tentunya banyak video call dengan rekan kerja, klien atau pun teman-teman. Penting untuk mempersiapkan diri agar terlihat rapi dan siap, dan tentunya memastikan koneksi internet lancar.

Anak-anak dari pagi hari sudah dipersiapkan untuk mengikuti jadwal pelajaran sekolah yang diadakan secara daring. Bagi para orang tua, biasanya juga sudah mempersiapkan kegiatan seru seperti permainan atau pun kegiatan DIY (Do It Yourself) bagi anak-anak di rumah untuk memastikan si kecil tetap semangat dan kreatif selama masa karantina ini.

Bayi Perempuan Penuh Luka Diduga Gigitan Anjing Ditemukan di Pinggir Jalan Jeneponto

Baca juga: Corona Picu Kematian 115 Dokter, IDI Sebut Pasien Bisa Makin Gawat

Namun, pernahkah terbesit bahwa luka bisa saja timbul dari berbagai kegiatan selama di rumah itu? Berbagai aktivitas di rumah bisa menimbulkan luka seperti luka bakar akibat memasak, luka gores, atau pun terjatuh saat bermain.

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

Menurut dr. Adisaputra Ramadhinara selaku Certi?ed Wound Specialist Physician, para orang tua perlu memahami hal-hal penting selama menangani luka. Berikut rangkumannya dikutip dari siaran pers Hansaplast.

Tenang

Tetap tenang dalam melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri dan orang lain. Jelaskan apa yang dilakukan pada orang yang terluka, bahwa mungkin menyakitkan tapi mereka akan segera merasa lebih baik.

Bersihkan luka

Bersikan luka dengan air mengalir dianjurkan untuk mencegah infeksi pada luka gores atau usai terjatuh. Setelahnya, bisa memakai plester jika dibutuhkan.

Hubungi medis jika dirasa perlu

Seperti jenis luka dalam dan menyebabkan banyak pendarahan. Atau jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti nanah dan bengkak.

Perhatikan juga jika ada benda asing yang tertanam dalam kasus gigitan hewan atau manusia atau kontak dengan darah hewan, yang perlu penanganan medis segera. Serta jika luka berada di area wajah.

"Kita tidak bisa mencegah terjadinya luka, namun kita dapat selalu siaga dengan memastikan adanya kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, jangan lupakan cara merawat luka yang benar agar luka cepat sembuh dan tidak terinfeksi," ujar Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya