Waspada, Diabetes Sebabkan Impotensi yang Susah Disembuhkan

Ilustrasi pria impotensi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit yang juga disebut dengan kencing manis ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi jika tidak dikontrol dengan baik. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Beberapa komplikasi yang ditimbulkan antara lain, serangan jantung, stroke, infeksi kaki berat yang menyebabkan gangren dan mengakibatkan amputasi, serta komplikasi lainnya juga menyebabkan gagal ginjal. 

Tapi, komplikasi diabetes tidak hanya itu saja. Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa komplikasi diabetes juga bisa menyebabkan disfungsi seksual atau impotensi. Benarkah demikian? Spesialis penyakit dalam, Dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, akan memberikan penjelasannya. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Baca juga: Dialami Banyak Orang, Penyebab Baru Diabetes Tipe-2 Akhirnya Terungkap

"Ya, ini fakta. Jadi, orang dengan diabetes itu mengalami penurunan fungsi seksual 10 tahun lebih tua daripada orang yang bukan diabetes. Kalau dia usia 40 diabetes, kemampuan ereksinya sama dengan usia 50 tahun. Kalau dia 50 tahun sama dengan 60 tahun. Kalau dia 60 tahun, sama dengan 70 tahun," ujarnya dalam program Hidup Sehat di tvOne, Senin 14 September 2020. 

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Dokter Dante menegaskan, disfungsi seksual lebih mudah terjadi pada penderita diabetes. Karena pembuluh darah dan saraf yang terdapat di penis mengalami kelainan, akibat dirusak oleh gula. 

"Sehingga disfungsi ereksi lebih mudah terjadi pada pasien-pasien diabetes, dan itu susah untuk disembuhkan," kata dia. 

Namun kabar baiknya, menurut Dante, semua pasien diabetes gula darahnya bisa dikontrol. Dan mereka bisa sama sehatnya dengan orang yang tidak menderita diabetes. Bagaimana caranya? 

"Lakukan pemeriksaan teratur. Minta pada dokter untuk melakukan pemeriksaan tidak cuma gula darah, tapi juga fungsi pembuluh darah di jantung, saraf, kaki, mata dan ginjal. Kemudian, kalau belum diabetes salah satu penyebab diabetes adalah obesitas, karena itu turunkan obesitas kalau Anda merasa obes," tutur dokter Dante.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya