Komplikasi Diabetes yang Bikin Ngeri, Dari Sakit Jantung Sampai Buta

Ilustrasi serangan jantung/nyeri dada.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Para penderita diabetes harus menjaga kadar gula darahnya agar tetap terkontrol. Karena jika diabetes sudah semakin parah, bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang tak kalah mengerikan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Salah satu komplikasi dari penyakit diabetes adalah dapat memicu gangguan fungsi jantung yang disebabkan terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

"Jadi, ada dua pembuluh darah yang bisa kena kalau kita mengalami diabetes. Yaitu pembuluh darah besar dan pembuluh darah kecil. Pada saat terjadinya diabetes itu, banyak plak atau sumbatan pembuluh darah. Kalau pembuluh darahnya menyumbat jantung di sistem koroner, akan terjadi serangan jantung," ujar dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Baca juga: Setiap Tahun Setengah Juta Orang Diamputasi karena Diabetes

Lebih lanjut dokter Dante menjelaskan, jika terjadi penyumbatan pembuluh darah di kepala, maka komplikasi yang akan terjadi adalah stroke.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Itu yang kita kenal dengan komplikasi stroke pada diabetes. Sedangkan sumbatan lain bisa pada pembuluh darah kecil, bisa di mata terjadi kebutaan, di ginjal terjadi komplikasi ginjal, dan juga di saraf-saraf, bisa terjadi kelainan saraf pada kaki," lanjut dia. 

Dante menjelaskan, komplikasi penyakit diabetes yang terjadi pada orang Asia berbeda dengan orang Eropa. Pada orang Asia, lebih cenderung terjadi komplikasi di ginjal. 

"Pada orang Asia, kerusakan ginjal lebih mudah terjadi pada pasien-pasien diabetes. Jadi, kalau ada diabetes, maka pembuluh darah kecilnya itu terganggu, salah satunya adalah di ginjal, maka ginjalnya mengalami kelainan," kata dokter Dante.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya