Ilmuwan Temukan Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah COVID-19

Virus corona COVID-19.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Para ilmuwan di AS mengklaim telah menemukan antibodi yang mampu sepenuhnya menetralkan virus corona. Hal ini bisa menjadi terobosan besar dalam proses pencarian cara menyembuhkan COVID-19.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Penemuan itu dibuat oleh tim di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh. Mereka menemukan komponen antibodi 10 kali lebih kecil dari antibodi berukuran penuh yang mampu menetralkan sepenuhnya dan secara spesifik terhadap virus jenis SARS-CoV-2.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell itu menyebut bahwa antibodi itu dinamakan sebagai Ab8. Menurut laporan tersebut, obat Ab8 sangat efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit tersebut pada hewan uji coba yakni tikus dan hamster yang terinfeksi.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Baca juga: Alasan Kenapa Jenazah COVID-19 Harus Dibungkus Plastik

"Ab8 tidak hanya berpotensi sebagai terapi untuk COVID-19, tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah orang terkena infeksi SARS-CoV-2," kata rekan penulis John Mellors sekaligus kepala Divisi Penyakit Menular di Pitt dan UPMC.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Obat itu juga dilaporkan tidak mengikat sel manusia, menunjukkan bahwa obat itu tidak akan memiliki efek samping negatif pada manusia. Diharapkan obat tersebut juga menjadi potensi pencegahan terhadap SARS-CoV-2 yang telah menyebar ke seluruh dunia.

"Antibodi dengan ukuran lebih besar telah bekerja melawan penyakit menular lainnya dan telah ditoleransi dengan baik, memberi kami harapan bahwa ini bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk pasien dengan COVID-19 dan untuk perlindungan bagi mereka yang tidak pernah mengalami infeksi dan tidak kebal," katanya lagi.

PM Singapura Lee Hsien Loong

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong said Monday that he will step down on May 15 after two decades on duty and hand power to his deputy Lawrence Wong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024