Mengenal Masititis, Penyakit yang Diderita Citra Kirana

Citra Kirana.
Sumber :
  • instagram.com/citraciki/

VIVA – Artis Citra Kirana dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) karena suhu tubuhnya lebih dari 39 derajat Celsius dan merasakan sakit pada bagian payudara. Dalam video yang diunggah oleh Citra di akun YouTubenya, diketahui demam yang dialaminya lantaran dia mengalami mastitis atau infeksi jaringan payudara.

Citra Kirana Hamil, Wenny Ariani Ucapkan Selamat Tapi Singgung Rezky Aditya Tak Temui Anaknya

Dilansir dari laman Mayo Clinic, Rabu, 16 September 2020, mastitis merupakan kondisi payudara seorang wanita mengalami peradangan akibat adanya infeksi, sehingga menyebabkan bengkak dan rasa nyeri.

Baca Juga: Citra Kirana Demam Tinggi, Rezky Aditya Khawatir Gejala COVID-19

Puji Citra Kirana, Rezky Aditya Ungkap Hal yang Bikin Makin Semangat Saat Buka Puasa

Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal, tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena payudara terasa sakit.

Penyebab mastitis pada ibu menyusui seringkali disebabkan karena aliran susu yang tersumbat. Penyumbatan menyebabkan ASI menumpuk, menyebabkan infeksi payudara, sehingga bakteri memasuki payudara Anda.  

Kondisi Terkini Denise Chariesta Usai Dilarikan ke Rumah Sakit dan Dirawat

Selain itu, penyebab lain dari masititis adalah bakteri dari permukaan kulit dan mulut bayi dapat masuk ke saluran susu melalui celah di kulit puting atau melalui lubang saluran susu. Susu yang terperangkap di payudara yang tidak dikeluarkan dapat memberikan tempat berkembang biak bagi bakteri.

Gejala masititis yang perlu diwaspadai antara lain, payudara terasa nyeri atau hangat saat disentuh. Kemudian pembengkakan payudara, penebalan jaringan payudara atau benjolan pada payudara.

Selain itu, nyeri atau sensasi terbakar secara terus menerus atau saat menyusui, kulit kemerahan, yang sering dalam pola berbentuk baji. serta demam 38,3 Celsius atau lebih seperti yang dialami oleh Citra Kirana.

Untuk memulai menyusui dengan bayi Anda dan untuk menghindari komplikasi seperti mastitis, pertimbangkan untuk bertemu dengan konsultan laktasi. Seorang konsultan laktasi dapat memberi Anda tips dan saran untuk teknik menyusui yang benar.

Selain itu, untuk meminimalisir terjadinya masititis seperti yang terjadi pada Citra Kirana, usahakan untuk mengeluarkan ASI sepenuhnya dari payudara saat menyusui bayi sebelum beralih ke payudara lainnya selama menyusui.

Selain itu, ubah posisi ketika menyusui dari satu menyusui ke menyusui berikutnya. Pastikan bayi Anda menempel dengan benar pada payudara selama menyusui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya