Temu Kunci, Atasi Maag Hingga Tinggatkan Napsu Makan Anak

Ilustrasi Penyakit Maag
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Temu kunci merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang populer di tanah air. Temu kunci sering dijadikan bumbu dapur untuk menambah rasa dan aroma pada masakan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur saja. Temu kunci diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, apa saja? Berikut ini rangkumannya seperti penjelasan ahli herbal dr. Muthoharah M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne.

1. Dapat digunakan untuk kekebalan tubuh

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Dijelaskan Muthe temu kunci baik untuk kekebalan tubuh. Temu kunci diketahui mengandung flavonoid yang memiliki khasiat salah satunya sebagai imunomodulator, yakni meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca juga: Ternyata Air Kelapa Bukan untuk Menetralisir Keracunan

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

2. Mengatasi masalah maag dan perut kembung

Dijelaskan Muthe, temu kunci yang mengandung flavonoid dapat mengatasi maag ringan dan mengatasi perut kembung. 

"Temu kunci memperbaiki luka pada lambung. Untuk mengatasi maag dan perut kembung bisa ambil 3 rimpang temu kunci lalu haluskan. Setelah itu seduh dengan 1 gelas air mendidih, lalu saring dan konsumsi," jelas Muthe. 

3. Temu kunci dapat mencegah darah tinggi

Muthe menjelaskan temu kunci bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya darah tinggi. Sebab, kata Muthe temu kunci dapat menurunkan kolesterol jahat penyebab darah tinggi 

4. Meningkatkan napsu makan

Temu kunci dijelaskan Muthe juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Untuk mendapatkan mafaat temu kunci untuk nafsu makan bisa konsumsi air temu kunci 1x sehari selama 14 hari.

5. Meningkatkan gairah seksual

temu kunci diketahui kaya akan senyawa boesenbergin, krachaizin, panduratin, dan pinostrobin yang bermanfaat sebagai peningkat libido. Selain itu, kandungan antioksidan dalam temu kunci juga baik untuk mencegah kerusakan pada testis.

"Dapat meningkatkan gairah seksual karena dapat meningkatkan kadar testosteron, sehingga libido meningkat. Kalau testosteron rendah kan kurang gairah seksual pada pria," kata Muthe dalam program tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya