Pedofil Ada di Sekitar Anak, Kenali 5 Cara Cegah Pelecehan Seksual

Para pedofil mengintai media sosial.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Pedofil bisa menjadi momok berbahaya bagi anak. Sayangnya, sikap dan tampilan pedofil sangat sulit dikenali sehingga memicu anak kerap terbawa oleh bujuk rayunya dan terjerat pada kekerasan serta pelecehan seksual.

Lakukan Pelecehan Seksual pada Penumpang Angkot, Sopir di Aceh Dihukum Cambuk 154 Kali

Ernie Allen, presiden National Center for Missing and Exploited Children, mengatakan bahwa pedofil bisa sangat mudah masuk ke ruang lingkup anak. Mereka kerap hadir dengan profesi yang tak terduga seperti dokter, guru, bahkan polisi.

"Kami pernah melakukan survei pada anak, mereka menjawab bahwa tak boleh berbicara dengan orang asing. Tetapi ketika ditanya spesifik maksud orang asing, anak akan menjawab mereka adalah seseorang yang besar, menakutkan, kotor dan jelek. Tapi sungguh, (rupa pedofil) jauh lebih mungkin seperti seseorang yang ramah," kata dia.

Driver Ojol Pelaku Pelecehan Pelajar SMP di Jaktim Ditangkap, Mengaku Sebelumnya Nonton Film Porno

Baca juga: Gejalanya Mirip, Pahami Beda Maag dan Batu Kantung Empedu

Sayangnya, kita hidup di zaman di mana eksploitasi anak sedang meningkat. Untuk itu, berikut 5 cara untuk melindungi anak Anda dari pedofil dikutip dari laman All Pro Dad

Cek Fakta: Anies Sebut Lebih dari 15 Juta Orang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Aktif dalam kehidupan anak

Pastikan Anda tahu dengan siapa anak Anda menghabiskan waktu bersama. Kenali juga orang dewasa yang sering mereka temui atau apa yang mereka lakukan di rumah teman.

Luangkan waktu untuk berpartisipasi

Selalu hadir dalam Kehidupan anak Anda dapat memperkecil peluang pedofil hadir. Pedofil kerap mencari anak-anak yang tampak menyendiri atau yang orang tuanya tidak terlalu memperhatikan mereka.

Pedofil berpartisipasi dalam aktivitas di mana anak-anak berada, jadi terlibat dalam kehidupan anak-anak Anda dapat membantu membuat penghalang antara anak-anak Anda dan pedofil.

Dapat terjadi di mana saja dan kapan saja

Ini bukan hanya masalah di kota besar. Departemen Kehakiman AS memperkirakan bahwa rata-rata, ada satu penganiaya anak per mil persegi di tiap daerah. Di Kanada, itu artinya rata-rata, ada satu penganiaya anak per 1,6 kilometer persegi.

Waspadai orang-orang yang tinggal di komunitas Anda, dan perhatikan mereka yang tampaknya memiliki minat yang tidak biasa pada anak-anak.

Pastikan anak tahu nama anatomi tubuh

Pedofil sering menggunakan nama lucu untuk bagian "seksual" dari tubuh anak, dan jika anak Anda mengetahui nama yang tepat, hal itu dapat mencegah serangan seksual terjadi. Seorang anak yang berpengetahuan luas memproyeksikan kekuatan dan mungkin malah menakuti pemangsa seksual.

Ajari anak mendengarkan intuisi mereka

Intuisi adalah sistem pertahanan alami dan seiring bertambahnya usia, itu menjadi lebih halus. Ini dirancang untuk melindungi kita dari bahaya atau situasi berbahaya. Pastikan anak Anda memahami ini.

Seperti, jika mereka merasa tidak nyaman, keluarlah dari situasi itu. Jika mereka merasa tidak yakin untuk melakukan sesuatu, maka jangan lakukan. Jika mereka tidak ingin pergi dengan orang tertentu, jangan mengikuti orang itu. Berhentilah memedulikan kesopanan dan pikirkan keselamatan dulu!
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya