Musim Hujan, Ganti Berjemur dengan Ini untuk Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi berjemur.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA – Di masa pandemi virus corona atau COVID-19, menjaga imunitas sangat penting agar tidak mudah tertular virus. Salah satu cara yang disarankan untuk meningkatkan imunitas adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Namun sayangnya, saat ini di Indonesia sudah memasuki musim penghujan, sehingga kita tidak bisa berjemur lagi. Lalu, adakah cara lain yang bisa mengggantikan manfaat berjemur untuk meningkatkan daya tahan tubuh? 

Ya, menurut spesialis penyakit dalam, Dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, yang paling penting adalah mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa berjemur bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. 

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Baca juga: Konsumsi Putih Telur, Tingkatkan Imunitas Pemilik Penyakit Penyerta

"Berjemur bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena pada saat berjemur, terjadi perubahan pro vitamin B3 menjadi vitamin D3. Dan vitamin D ini akan membantu proses kekebalan tubuh," ujarnya dalam program Hidup Sehat di tvOne, Selasa 22 September 2020. 

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Dokter Dante menyarankan sebaiknya memang berjemur. Karena dengan berjemur selama 15 menit per hari antara pukul 08.00 - 10.00, itu sama saja seperti kita mengonsumsi vitamin D sebanyak 2000 IU. Lalu, bagaimana jika sedang musim hujan seperti sekarang ini? 

"Kalau hujan bisa konsumsi vitamin D, sebanyak 2000 IU, satu hari," tutur dia. 

Selain itu, Dante juga memperbolehkan jika ingin mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas. Berikut beberapa jenis suplemen yang direkomendasikan untuk dikonsumsi di saat pandemi

"Saya merekomendasikan beberapa suplemen yang baik, yaitu vitamin C, kurang lebih 500 - 1000 mg per hari. Kemudian vitamin D, kira-kira 2000 IU per hari, kemudian thiamin. Thiamin ini vitamin B1 yang juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh," kata dokter Dante.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya