Cek Fakta, Apa Benar Vaksin Corona Asal China Disetujui WHO?

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • Pixabay/Ann_San

VIVA – Baru-baru ini beredar kabar yang menyebut bahwa Kepala Ilmuan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, dr Soumya Swaminathan yang menyebut bahwa uji klinis vaksin corona dari China berhasil. Hal tersebut berawal dari situs berita China Global Television Network (CGTN).

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dalam video berdurasi 22 detik itu menyebut bahwa salah satunya mengungkap bahwa uji klinis dari vaksin corona China itu berhasil. Namun, ternyata video dari situs berita China tersebut belum selesai alias dipotong.

Dalam video aslinya, yang juga ada di YouTube WHO, Soumya Swaminathan dalam media briefieng tersebut menjelaskan bahwa beberapa vaksin corona dari China tersebut sedang dalam uji klinis tahap lanjut.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Jadi kami telah terlibat dalam diskusi dengan China selama beberapa bulan terakhir karena seperti yang Anda ketahui, mereka juga memiliki program pengembangan vaksin yang sangat aktif dan beberapa kandidat vaksin mereka sedang dalam uji klinis tahap lanjut jadi ini juga menarik bagi kami," kata Soumya Swaminathan.

Baca Juga: WHO Izinkan Vaksin Corona Asal China Didistribusi ke Seluruh Negara

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Swaminathan, melanjutkan, pihaknya terus mengikuti perkembangan vaksin virus corona China dan selalu membuka diskusi dengan negara tersebut. Dia juga menyebut bahwa China terus berkomitmen untuk memberikan akses vaksin global jika uji klinis yang tengah berlangsung itu sukses.

"Kami telah melakukan diskusi yang sangat konstruktif dan terbuka dengan mereka dan mereka selalu menegaskan komitmen mereka terhadap akses global jika beberapa kandidat vaksin mereka benar-benar terbukti berhasil dalam uji klinis yang sedang berlangsung. Jadi percakapam sedang berlangsung dan kami berharap lebih banyak negara akan bergabung," kata dia. 

Berikut ini pernyataan lengkap dari Kepala Ilmuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dr Soumya Swaminathan. 

“So we've been engaged in discussion with China fot the last several month because as you know they also have a very active vaccine development program and several of their vaccinr candidates are in advanced stages of clinical trial so this is also of interest to us so we're following those very closely and we've had very constructive and open discussion with them and theu always been reiterating their commitment to global access of some of their candidates actually prove to be successful in the clinical trial that are going on so i think the conversations are going on it's still ooen and we're hope that more countries are going to join.”

Jadi kami telah terlibat dalam diskusi dengan China selama beberapa bulan terakhir karena seperti yang Anda ketahui, mereka juga memiliki program pengembangan vaksin yang sangat aktif dan beberapa kandidat vaksin mereka sedang dalam uji klinis tahap lanjut jadi ini juga menarik bagi kami. Kami mengikuti mereka dengan sangat dekat dan kami telah melakukan diskusi yang sangat konstruktif dan terbuka dengan mereka dan mereka selalu mengulangi komitmen mereka untuk akses global beberapa kandidat mereka benar-benar terbukti berhasil dalam uji klinis yang sedang berlangsung jadi saya pikir percakapan sedang berlangsung dan kami berharap lebih banyak negara akan bergabung.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya