Pakai Masker Malah Sakit Tenggorokan, Mungkin Ini Penyebabnya

Mengenakan masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Untuk mencegah risiko infeksi virus corona, memakai masker sepertinya merupakan pertahanan terbaik untuk saat ini. Menghentikan virus yang melayang di udara memasuki saluran pernapasan kita dan menyebabkan infeksi.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa masker dapat mengurangi risiko penularan hingga 50 persen. Itu sebabnya orang diinstruksikan untuk memakai masker sebelum keluar rumah. 

Namun, banyak orang mengeluhkan jerawat, kecemasan, kacamata yang berkabut karena penggunaan masker yang berkepanjangan - tetapi ada tambahan baru dalam daftar tersebut dan itu adalah sakit tenggorokan. 

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Baca juga: Agar Tak Tertular, Begini Cara Cegah Virus Corona di Dalam Ruangan

Dilansir dari Times of India, berikut ini akan menjelaskan alasan tersebut.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Masker dan sakit tenggorokan

Kita semua sangat menyadari bahwa untuk menjaga kebersihan, kita harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Namun kebanyakan dari kita melakukan kesalahan dengan tidak mencuci masker secara rutin untuk mengurangi risiko terpapar kuman dan bakteri.

Akibatnya, bakteri, virus, debu, dan alergen yang menumpuk di masker bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Partikel ini cenderung berada di masker saat Anda menggunakannya tanpa dicuci dalam waktu lama. 

Partikel kecil berpindah ke tenggorokan, menyebabkan iritasi dan ketegangan. Orang dengan kekebalan lemah dan alergi terhadap debu atau partikel serbuk sari lebih rentan terhadap reaksi ini.

Selain itu, ketika orang memakai masker, mereka harus berbicara lebih keras agar orang lain dapat mendengarnya dengan jelas. Hal ini juga dapat membuat tenggorokan tegang, menyebabkan iritasi.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini

Mencuci masker sama pentingnya dengan mencuci tangan. Setelah digunakan, cuci masker dengan air hangat dan sabun. Biarkan mengering di bawah sinar matahari langsung, sebelum dipakai kembali. 

Itu sebabnya disarankan untuk menyimpan dua masker agar Anda dapat menggunakannya sebagai alternatif. Hindari sering-sering menyentuh masker dan cuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah memakainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya