#TanyaDokter: Kenapa Hidung Sering Mampet Tiba-tiba di Malam Hari?

dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Masalah kesehatan apapun akan selalu menarik dibahas. Untuk itulah rubrik #TanyaDokter memberikan kesempatan pada pembaca VIVA.co.id untuk menanyakan hal apapun seputar kesehatan. Kali ini, masalah yang dibahas adalah terkait hidung tersumbat

Viral Video Detik-detik Pak Ogah Diseruduk Mobil hingga Terpental 30 Meter di Tanjang Duren 

Mengalami masalah hidung tersumbat di malam hari atau ketika udara terasa panas, tentu akan sangat menyiksa. Hidung tersumbat merupakan kondisi di mana terjadi penyumbatan pada saluran hidung yang mengganggu proses pernapasan. Ada banyak penyebab, mengapa seseorang mengalami masalah hidung tersumbat. 

Baca Juga: #TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

Ketahui 5 Waktu Baik Berhubungan Suami Istri, Dijamin Bikin Hubungan Tetap Harmonis

Lewat #TanyaDokter, ada yang menanyakan mengenai hal ini. Yuk Simak lebih jauh jawaban dari dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah. 

Tanya: Saya kalau malam hari atau udara panas, kadang suka mampet hidung tiba-tiba hingga susah bernapas. Padahal sedang tidak pilek. Gimana cara mengatasinnya? Oya saya ada asma.

Terpopuler Otomotif: Harga Toyota Land Cruiser Bekas, Banderol Motor Klasik Honda C70

Jawab: Saluran pernapasan itu mulai dari hidung juga sinus. Sinus dilapisi membran mukosa terdiri dari bulu-bulu halus kecil seperti sapu gunanya untuk mengeluarkan lendir dari saluran napas. 

Pada keadaan suhu udara ekstrem atau terlalu dingin atau panas, maka lendir ini akan lebih kental dan lengket, sehingga bisa memblok sinus hingga menimbulkan sensasi hidung terasa tersumbat atau mampet. Jika mengalami hal ini, bisa juga konsultasikan ke THT, dan untuk mencegahnya hindari cuaca yang terlalu ekstrem tersebut.  

Simak penjelasan dr Dias lebih lengkapnya lewat video di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya