Manfaat Buah Sawo, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Keriput

Ilustrasi buah sawo.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sawo menjadi salah satu buah tropis yang populer di Indonesia. Memiliki tekstur rasa yang manis, buah sawo dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dengan menjadikannya jus. Selain rasanya yang manis, ternyata buah sawo memiliki beragam jenis manfaat bagi kesehatan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Dilansir dari laman NDTV food ternyata buah sawo itu kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, hingga mencegah masalah jantung. Selain itu, sawo juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata

Tidak hanya itu saja, sejumlah manfaat bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi buah sawo yang saat ini tengah musim di tanah air. Apa saja manfaat sawo? Berikut ini ulasannya. 

Perubahan Penampilan Virgoun Bikin Netizen Pangling: Kurusan

Baca juga: Yuk Rutin Bercinta, Minim Hormon Seks Picu Pria Rentan Kena COVID-19

1. Memberikan energi

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Kandungan fruktosa dan sukrosa alami dalam sawo dapat memberikan banyak energi bagi tubuh Anda.  

2. Antiinflamasi

Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi, yang diketahui berfungsi sebagai anti inflamasi alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi sawo secara teratur.

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Sawo diketahui dapat membuat sistem pencernaan Anda tetap sehat, dan mencegah kondisi sindrom iritasi usus besar (IBS).  Selain itu sawo yang kaya akan serat dapat mengatasi masalah sembelit.

4. Sumber Antioksidan

Selain kaya serat, vitamin A dan B, serta C, sawo juga kaya dengan anti oksidan.  Antioksidan yang terdapat pada sawo diketahui dapat mencegah jenis kanker tertentu seperti kanker rongga mulut.

Baca juga: Cegah COVID-19, Ahli Sebut Masker Lebih Ampuh Dibanding Face Shield

5. Baik untuk Tulang

Sawo diketahui mengandung sumber mineral yang baik seperti zat besi, folat, kalsium, magnesium, kalium, seng, tembaga, fosfor, selenium dll yang sangat penting untuk memfasilitasi berbagai fungsi tubuh termasuk pertumbuhan tulang.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan magnesium dalam sawo menjaga pembuluh darah tetap aktif, dan kalium mengatur tekanan darah dan sirkulasi.  Sawo juga diketahui baik untuk mengobati anemia, karena kaya zat besi.

7. Baik untuk ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil.

Sawo diketahui mengandung  elektrolit, Vitamin A dan karbohidrat, yang baik untuk ibu hamil, bahkan ibu menyusui.  Jika sedang hamil, buah sawo bisa membantu mengatasi morning sickness dan pusing.  Dan karena membantu dalam produksi kolagen juga, itu mencegah gangguan terkait perut.

8. Mengontrol berat badan

Jika Anda sedang diet, sawo mungkin bekerja untuk membersihkan retensi air dari tubuh Anda.  Sawo diketahui berfungsi untik mengatur metabolisme Anda, sehingga membantu menurunkan berat badan.

9. Manfaat kecantikan

Makan sawo secara teratur membantu membuang racun dari tubuh Anda. Selain itu, sawo juga bagus untuk kulit dan rambut Anda, karena kandungan sawo dapat membuat kulit dan rambut sehat dan lembab.  Selain itu, sawo juga diketahui dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dan mencegah terjadinya keriput pada wajah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya