Minum Bir Pletok Ampuh Redakan Flu Hingga Jaga Imunitas

Bir pletok.
Sumber :
  • flickr.com

VIVA – Menangkal flu hingga meningkatkan imunitas tubuh menjadi hal yang krusial di saat Pandemi COVID-19. Beragam cara pun dilakukan mulai dari konsumsi suplemen hingga rutin berolahraga agar tubuh bisa lebih kebal dari COVID-19.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Tak banyak yang tahu, beberapa minuman dari bahan alami yang berasal dari Tanah Air pun bisa berkhasiat sama baiknya pada tubuh. Salah satunya minuman khas Ibu Kota Jakarta, Bir Pletok, yang sudah ada sejak zaman Belanda dahulu kala.

"Bir pletok itu minuman asal Betawi. Dinamakan bir karena dulu zaman Belanda, orang Betawi mau minum wine tapi karena enggak halal makanya warna dibuat menyerupai wine. Warna merahnya dari secang," kata pakar herbal, dr. Mutaharrah, M.Si., dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Rabu 30 September 2020.

Latar Belakang Sejarah Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Baca juga: Dicari Najwa Shihab, Menkes Terawan Sibuk Urus Biaya Pasien COVID-19

Ternyata, selain memberi warna yang menarik pada minuman, secang berfungsi sebagai imunodilator yang mampu menambah kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan lain di bir pletok juga memiliki manfaat yang tak jauh berbeda.

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

"Bisa tingkatkan imunitas karena secang berfungsi sebagai imunodilator. Jahe juga ada zat untuk bisa meningkatkan imunitas dan efek antiinflamasi bagi lambung. Sereh pun bersifat diuretik untuk bantu fungsi ginjal," kata dia.

Sama halnya seperti minuman wedang pokak yang berasal dari daerah Jawa Timur, khasiatnya dapat meredakan batuk. Adapun ramuan herbal ini bisa dikonsumsi sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

"Selama tidak berlebihan, aman dikonsumsi setiap hari. Kalau berlebihan bisa picu dehidrasi," tuturnya.

Berikut bahan-bahan bir pletok

1 liter air mendidih
50 gram Jahe
3 lembar Daun pandan
3 lembar Daun jeruk purut
6 butir Cengkih
2 batang Kayu manis
3 Bunga lawang
3 Kapulaga
2 batang Sereh
35 gr Kayu secang
Madu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya