6 Metode Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Menurunkan berat badan tidaklah mudah. Karena alasan itulau orang selalu ingin mencoba trik dan teknik baru, apa pun yang dapat membantu mereka menurunkan berat badan mereka.  

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Baru-baru ini muncul metode terbaru untuk menurunkan berat badan dengan meningkatkan NEAT. Dilansir dari laman Times of India, NEAT adalah jumlah energi yang dihabiskan oleh tubuh untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti makan, tidur, berkebun, mengetik, bernyanyi, menaiki tangga, atau pekerjaan rumah tangga lainnya. Singkatnya, NEAT mengecualikan latihan yang disengaja.

Baca juga: 3 Bahan Rumahan Ampuh Turunkan Berat Badan Hingga Tingkatkan Imun

Demi Totalitas Perankan Glenn Fredly, Marthino Lio Sampai Lakukan Hal Ini

NEAT memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori saat melakukan aktivitas sehari-hari. Ini tidak termasuk latihan, olahraga, atau bentuk latihan yang disengaja lainnya. NEAT dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, genetika, komposisi tubuh, berat badan, dan pekerjaan.

Orang yang kehidupan sehari-harinya lebih banyak melibatkan aktivitas fisik, cenderung memiliki NEAT lebih tinggi dan berat badan lebih rendah daripada orang yang menjalani gaya hidup sedentari.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

NEAT dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Salah satunya untuk meningkatkan metabolisme dan mengatur distribusi lemak. Selain itu, NEAT juga dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan.  Namun untuk itu Anda perlu belajar bagaimana meningkatkan NEAT.

Berikut ini 6 cara sederhana untuk meningkatkan NEAT:

1. Tingkatkan jumlah langkah harian 

Anda dapat meningkatkan langkah dengan memarkir mobil Anda di tempat terjauh, berjalan ke toko bahan makanan, dan mengajak anjing Anda berjalan-jalan.  Anda juga dapat meningkatkan langkah harian Anda hanya dengan berjalan sambil berbicara di telepon.

2. Melakukan peregangan saat menonton TV

Yang harus Anda lakukan hanyalah duduk di lantai dan meregangkan kaki, bahu, punggung, dan tangan Anda sambil menikmati acara TV favorit Anda.

3. Menggunakan meja berdiri

Meskipun jumlah kalori yang terbakar saat menggunakan meja berdiri versus meja duduk tidak banyak, tetapi Anda lebih cenderung bergerak saat bekerja di meja berdiri dibandingkan dengan duduk. Banyak orang bahkan mengklaim bahwa mereka mendapatkan kelegaan dari sakit punggung dengan beralih ke meja berdiri.

4. Memasak setidaknya satu kali makan untuk diri sendiri

Jika Anda memasak dengan benar (dari bahan mentah), Anda bisa membakar sekitar 200 kalori per jam.  Dan 75 kalori lainnya saat membersihkan peralatan usai memasak. 

Ilustrasi konsumsi makanan sehat.

5. Gelisah

Kegiatan yang melibatkan ketukan jari berulang kali, bermain dengan cincin, memantulkan kaki, dan gerakan kecil tangan dan kaki lainnya, dengan tidak sabar atau gelisah, menjadi gelisah ini merupakan aktivitas fisik secara spontan dapat meningkatkan pengeluaran energi dan mengontrol berat badan.

Menurut laporan dalam American Journal of Clinical Nutrition, pengeluaran energi 24 orang diukur saat istirahat, berdiri, duduk, berjalan dan gelisah. Ditemukan bahwa kegelisahan meningkatkan tingkat energi secara substansial, yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

Baca juga: Mau Berat Badan Turun? Ini Waktu Terbaik Makan Pagi, Siang dan Malam

6. Berkebun

Berkebun menggunakan banyak energi. Menanam, menggali lubang, mencabut akar, memotong rumput dapat meningkatkan tingkat NEAT. Berkebun 45-60 menit setiap hari dapat membantu dalam menjaga berat badan, terutama pada lansia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya