Amankah ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?

Hidup Sehat
Hidup Sehat
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Di masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini, rasanya datang ke rumah sakit adalah hal yang menakutkan. Karena banyak orang berpandangan, pasien COVID-19 ada di sana, sehingga meningkatkan risiko tertular. 

Apalagi jika harus datang ke dokter gigi. Di mana antar dokter dan pasien akan terjadi kontak secara langsung. Belum lagi kalau dilakukan tindakan, karena mulut merupakan penularan utama terjadinya COVID-19. 

Menanggapi hal ini, drg. Tengku Annisa Utami, pun mengakui bahwa tindakan pada gigi yang mengharuskan membuka mulut, merupakan penularan utama COVID-19, baik dari pasien ke dokter, dokter ke pasien, atau pun dari pasien satu ke pasien lain. 

Baca juga: Masker Scuba Dilarang, Ini Lho Penjelasannya

Lalu, jika sudah seperti ini, sebenarnya amankah pergi ke dokter gigi di masa pandemi? Dokter Tengku Annisa, akan memberikan penjelasannya. 

"Aman atau tidak itu tergantung," ujarnya dalam Webinar Hidup Sehat bertema Sakit Gigi di Tengah Pandemi, Amankah ke Dokter Gigi?', yang diselenggarakan Rabu 30 September 2020. 

"Di awal masa pandemi, itu kebanyakan dokter gigi sendiri yang campaign bahwa kita tunda ke dokter gigi kalau tidak emergency. Jadi, kalau tidak emergency lebih baik kita jangan ke dokter gigi dulu. Kita berbondong-bondong untuk memberi tahu masyarakat hal itu," tutur dia.