Berolahraga di Pagi atau Malam Hari, Mana Lebih Baik?

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Berolahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan seseorang. Berbicara mengenai olahraga, sering kali kita menemui sejumlah klaim mengenai waktu terbaik untuk berolahraga.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Ada yang menyebut bahwa berolahraga di pagi hari jauh lebih efektif membakar kalori dibanding sore atau malam hari. Tapi apa benar?

Namun, ternyata tidak juga. Menurut beberapa peneliti, berolahraga di malam hari dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat daripada berolahraga di pagi hari.

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Dilansir dari laman Times of India, dalam sebuah tinjauan dari dua penelitian yang dilakukan untuk menilai hubungan antara jam tubuh dan aktivitas fisik menyimpulkan bahwa berolahraga di malam hari mungkin lebih baik dibandingkan dengan berolahraga di pagi hari.

Baca juga: Olahraga Siang Berjam-jam Picu Heatstroke, Bahayanya Fatal

Viral Video Detik-detik Pak Ogah Diseruduk Mobil hingga Terpental 30 Meter di Tanjang Duren 

Kedua penelitian tersebut diketahui dilakukan terutama pada tikus dan 12 manusia. Dari tes tersebut ditemukan bahwa hasil yang serupa yang mana berolahraga di malam hari lebih baik. 

Dari hasil itu, juga ditemukan bahwa konsumsi oksigen saat berolaharga di malam hari jauh lebih rendah di pagi hari. Sehingga dapat meningkatkan kinerja tubuh dan pada akhirnya menurunkan berat badan sedikit lebih cepat. 

Dalam studi tersebut, juga ditemukan bahwa protein yang dikenal sebagai HIF-1a, yang memiliki peran penting dalam penurunan berat badan, diaktifkan ketika olahraga dengan cara yang berbeda tergantung pada waktu.

Tidak hanya itu, menurut American Council on Exercise, berolahraga di malam hari lebih baik dibanding pagi hari karena otot yang tertekuk dan hangat.  Selain itu, tingkat pengerahan tenaga juga lebih rendah, kekuatan optimal

Hingga saat itu apakah Anda memilih untuk berolahraga di pagi atau sore hari, cobalah untuk konsisten dan tambahkan variasi dalam rutinitas olahraga Anda.  Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika berolahraga di malam hari.

1. Berolahragalah 4-5 jam sebelum tidur, jika tidak akan, sulit bagi Anda untuk tertidur di malam hari.
2. Makanlah dengan benar sebelum berolahraga. Tubuh Anda membutuhkan energi untuk melakukan olahraga berat.
3. Tambahkan berbagai jenis latihan seperti latihan kekuatan, latihan angkat beban, dan kardio untuk hasil yang lebih baik.
4. Ingat hanya berolahraga tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.  Pola makan yang sehat dan bergizi juga sama pentingnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya