Ahli Sebut Wedang Jahe Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

ilustrasi wedang jahe.
Sumber :
  • blog.lazada

VIVA – Siapa tidak kenal dengan minuman tradisional asal Jawa Barat bernama Wedang Jahe? Selain bisa diminum di kala hangat dan membantu tubuh menjadi lebih semangat, ternyata Wedang Jahe juga ampuh menjaga imunitas tubuh.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Seperti diketahui, minuman yang berbahan dasar rempah ini biasanya diminum saat cuaca sedang dingin. Meski awalnya dianggap hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh, lambat laun wedang jahe dianggap mampu memperkuat imunitas.

Hal tersebut dipaparkan pakar herbal, dr. Muthaharrah M.Si., dalam acara Hidup Sehat. Menurutnya, jahe merupakan herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan saluran cerna. Di dalamnya, terkandung sifat antimikroba yang menjaga saluran pencernaan tetap berfungsi dengan baik.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Baca juga: Tingkatkan Gairah Seksual, Simak Khasiat Jahe Merah bagi Pria?

"Jahe membantu sebagai anti mikroba dan prebiotik. Untuk kesehatan saluran pencernaan karena banyak bakteri baik dan diprimakan dengan prebiotik jahe ini. Bermacam-macam bakteri baik sehingga imunitas meningkat," paparnya.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Dengan imunitas yang terjaga, maka serangan penyakit pun akan dengan mudah dihadang oleh tentara di tubuh. Adapun campuran dari wedang jahe ini juga berkhasiat baik untuk tubuh seperti cengkeh, kapulaga, dan teh hitam

Namun, wedang jahe tidak disarankan untuk anak-anak lantaran kandungan kafein dari teh hitam bisa menganggu fungsi kerja tubuhnya. Untuk wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya dibatasi lantaran kandungan kafeinnya bisa memengaruhi janin dan bayi.

Baca juga: Khasiat Wedang Jahe, Tangkal Jerawat Hingga Bikin Pria Makin 'Greng'?

"Anak-anak tidak disarankan karena mengandung kafein dari teh hitam. Bumil dan ibu menyusui juga boleh tapi 2 kali sehari aja," kata Muthaharrah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya