Tips Pasien Corona Tidak Stres Saat Isolasi

stres
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seseorang yang dikonfirmasi positif virus corona tentu bukan perkara yang mudah. Tidak sedikit orang yang menderita penyakit COVID-19, juga bisa menyebabkan penderitanya menjadi stres

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Namun, jika stres ini dibiarkan terus menerus, ternyata dapat berakibat kurang baik pada pasien tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Team Leader SAHABATKU, Muhammad Chalid, M.Psikolog dalam talkshow Tetap Aman dan Imun di Tengah Pandemi COVID-19 yang ditayangkan di chanel YouTube BNPB, Jumat 2 Oktober 2020.

Chalid menyebut, jika terlalu stres akhirnya dapat menurunkan daya tahan tubuh atau imunitasnya. Hal ini karena pasien sudah mendapat label negatif bahkan dari dirinya sendiri. 

Ekonomi Terus Pulih, OJK Umumkan Berakhirnya Stimulus COVID-19 Penilaian Kualitas Aset Sektor PVML

Baca juga: Tetap Aman Jaga Imun Ditengah Pandemi, Ini Caranya

"Sebagai contoh dia baru dinyatakan positif dan isolasi beberapa hari, kemudian imunnya turun drastis. Ini karena ada keyakinan di dirinya bahwa istilahnya COVID-19 ini bisa cabut nyawanya," ujar Chalid.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Untuk mengatasi itu, langkah pertama yang dibutuhkan pasien itu adalah dukungan dari keluarga inti. Support ini bisa dilakukan dengan berbagai cara agar pada akhirnya bisa sembuh. 

"Mereka harus saling support, bisa diberikan penguatan bisa dari agama masing-masing. Saat isolasi juga jangan dibiarkan sendiri, komunikasi tetap lancar melalui chat berikan kalimat positif ke mereka. Atau berikan voice nite supaya dia terus beraktivitas," tutur dia. 

Selain itu Chalid juga memberikan sejumlah tips dalam mengelola pikiran tetap berpikiran positif sehingga imunitas tetap terjaga. Berikut ini lima tipsnya.

Baca juga: Gejala Khas Pasien COVID-19, Tidak Bisa Cium Dua Bau Ini

1. Mencoba berempati bahwa COVID-19 menyerang semua lapisan masyarakat di dunia

2. Sebisa mungkin kurangi stigma negatif terhadap pasien corona. Sebab bukan hanya pasien saja, stigma inu justru akan menurunkan imunitas keluarga pasien

3. Membatasi diri dengan paparan berita. Chalid menyebut sejak awal pandemi di Indonesia semua info tentang corona yang belum tentu kebenarannya berseliweran sehingga yang awalnya masyarakat biasa saja tapi  lama-kelamaan menjadi cemas. 

4. Penting melindungi diri dan keluarga, yakinlah bahwa meski di luar masih ada virus berseliweran, maka dari itu, penting melindungi diri ikuti protokol kesehatan baik di luar rumah, di tempat kerja, transportasi umum hingga kembali ke rumah. 

5. Memberikan dukungan ke tenaga kesehatan. Penting bagi masyarakat  tau gejala seperti ini, beri support tenaga medis dengan cara membuat hidup sehat aktivitas fisik meski tidak berat. .

6. Biasakan diri untuk terkena matahari

7. Saling dukung sesama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya