Imbauan WHO, Masker Efektif Cegah Penularan dan Kematian COVID-19

Ilustrasi masker
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Masker dapat mencegah penularan virus corona dan menyelamatkan nyawa. Analisis awal dari 194 negara menemukan bahwa tempat-tempat di mana masker tidak direkomendasikan mengalami peningkatan mingguan 55 persen dalam kematian akibat virus korona per kapita setelah kasus pertama mereka dilaporkan, dibandingkan dengan 7 persen di negara-negara dengan budaya atau pedoman yang mendukung pemakaian masker.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sebuah studi dari Universitas Washington memperkirakan bahwa AS dapat mencegah setidaknya 45.000 kematian akibat virus korona pada November jika 95 persen dari populasi mengenakan masker di depan umum.

Mengenai penggunaan masker, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga sering mengimbau masyarakat dunia tentang pentingnya menggunakan masker. Seperti apa imbauan WHO tentang masker? Yuk simak terus artikelnya. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca Juga: Gak Cuma Stylish, Masker Rinaldy Yunardi Dibuat 5 Lapis Biar Aman

Ilustrasi Virus Corona COVID-19

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Imbauan WHO
Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan masker medis untuk petugas kesehatan, orang tua, orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan orang yang dites positif terkena virus corona atau menunjukkan gejala. Orang sehat yang tidak termasuk dalam kategori ini harus memakai masker kain, menurut WHO. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga merekomendasikan masker kain untuk masyarakat umum.Tetapi bahkan masker kain pun bervariasi, karena jenis tertentu lebih berpori daripada yang lain.

"Itu tergantung pada kualitasnya," kata Dr. Ramzi Asfour, seorang dokter penyakit menular di Marin County, California, kepada Business Insider.

"Jika Anda membuat masker kain dari seprai katun Mesir 600 benang, itu berbeda dengan membuatnya dari T-shirt murah yang tidak ditenun dengan sangat halus."

Selama beberapa bulan terakhir, para ilmuwan telah mengevaluasi bahan masker yang paling efektif untuk menjebak virus corona. Berikut adalah hasil mereka sejauh ini, dari yang paling protektif hingga yang paling tidak efektif. 

Masker N99 dan N95
Masker N99 dan N95, adalah yang paling efektif dalam menyaring partikel virus. Ada alasan mengapa lembaga merekomendasikan untuk memesan masker N99 dan N95 untuk petugas kesehatan terlebih dahulu: Keduanya menutup rapat di sekitar hidung dan mulut sehingga sangat sedikit partikel virus yang dapat masuk atau keluar. Mereka juga mengandung serat kusut untuk menyaring patogen di udara.

Masker N95.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection bulan lalu mengevaluasi lebih dari 10 masker berdasarkan kemampuannya menyaring partikel virus corona di udara.

Para peneliti menemukan bahwa masker N99 mengurangi risiko seseorang terinfeksi hingga 94 hingga 99 persen setelah 20 menit terpapar di lingkungan yang sangat terkontaminasi. Masker N95 menawarkan perlindungan yang hampir sama besarnya - namanya mengacu pada efisiensi minimum 95 persennya dalam menyaring aerosol.

Studi terbaru lainnya juga menentukan bahwa masker N95 menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada masker bedah.

Masker bedah sekali pakai
Masker bedah terbuat dari kain bukan tenunan, sehingga biasanya merupakan pilihan teraman bagi petugas kesehatan yang tidak memiliki akses ke masker N99 atau N95.

Sebuah penelitian pada bulan April menemukan bahwa masker bedah mengurangi penularan beberapa virus korona manusia (meskipun penelitian tidak memasukkan yang baru ini, yang secara resmi disebut SARS-CoV2) melalui tetesan pernapasan dan aerosol yang lebih kecil.

Masker bedah.

Secara umum, masker bedah sekitar tiga kali lebih efektif dalam memblokir aerosol yang mengandung virus daripada masker wajah buatan sendiri, sebuah studi tahun 2013 menemukan. Tetapi petugas layanan kesehatan harus tetap memiliki akses ke mereka terlebih dahulu.

“Pedoman resminya adalah masker kain karena kami tidak ingin mengambil masker itu dari petugas medis yang mungkin lebih membutuhkannya," kata Asfour.

Masker hibrida 
Dalam sebuah makalah baru-baru ini yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, para peneliti di Inggris menentukan bahwa masker "hibrida" - menggabungkan dua lapisan kapas dengan 600 benang dengan bahan lain seperti sutra, sifon, atau flanel - menyaring lebih dari 80 masker. persen partikel kecil (kurang dari 300 nanometer) dan lebih dari 90 persen partikel yang lebih besar (lebih besar dari 300 nanometer).

Mereka menemukan bahwa kombinasi katun dan sifon memberikan perlindungan paling besar, diikuti oleh katun dan kain flanel, katun dan sutra, dan empat lapis sutra alami.

Para peneliti menyarankan bahwa opsi ini bahkan mungkin lebih baik dalam menyaring partikel kecil daripada masker N95, meskipun mereka tidak selalu lebih baik dalam menyaring partikel yang lebih besar.

Tiga lapis kain katun atau sutra
WHO merekomendasikan masker kain memiliki tiga lapisan: lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah yang menyaring, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan non-penyerap seperti poliester.

Masker kain

Sebuah studi Universitas Illinois yang masih menunggu tinjauan sejawat menemukan bahwa tiga lapis kemeja sutra atau kaus katun 100 persen mungkin sama protektifnya dengan masker kelas medis. Sutra khususnya memiliki sifat elektrostatis yang dapat membantu menjebak partikel virus yang lebih kecil.

Kantong penyedot debu untuk masker bedah
Jurnal of Studi Infeksi Rumah Sakit menemukan bahwa kantong penyedot debu (atau filter penyedot debu yang dimasukkan ke dalam masker kain) mengurangi risiko infeksi sebesar 83 persen setelah 30 detik terpapar virus korona dan sebesar 58 persen setelah 20 menit terpapar di lingkungan yang sangat terkontaminasi .

Bahan itu hampir sama bagusnya dalam menyaring aerosol seperti masker bedah. Itu bisa menjadi perlindungan yang cukup untuk menghentikan wabah. 

Bahan dari sarung bantal
Sarung bantal antimikroba adalah alternatif terbaik berikutnya untuk penyaring debu. Sarung bantal antimikroba (biasanya terbuat dari satin, sutra, atau bambu) lebih baik daripada sarung bantal katun standar.

Membungkus syal atau kaus katun di sekitar hidung dan mulut tidak terlalu efektif untuk menyaring virus corona, tetapi tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Para peneliti Inggris menemukan bahwa satu lapisan kapas dengan 80 benang merupakan salah satu bahan yang paling tidak efektif dalam memblokir partikel virus corona baik besar maupun kecil.

Syal dan kaus katun mengurangi risiko infeksi sekitar 44 persen setelah 30 detik terpapar virus corona, menurut studi Journal of Hospital Infection. Setelah 20 menit terpapar di lingkungan yang sangat terkontaminasi, pengurangan risiko itu turun menjadi hanya 24 persen.

Seperti diketahui, jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya