5 Langkah Sederhana Tingkatkan Imun Selama Pandemi

ilustrasi yoga sumber pixabay
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi telah mengubah kebiasaan kita untuk hidup sehat. Tidak mengherankan sejumlah langkah seperti berolahraga secara teratur, mengonsumsi vitamin hingga makan makanan sehat mulai diterapkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan imunitas agar terhindar dari virus corona.

Peran Penting Pakaian Olahraga dalam Mendukung Performa dan Kenyamanan

Cara tersebut merupakan langkah sederhana pencegahan yang bisa dilakukan masyarskat saat ini. Mengingat hingga saat ini belum ada vaksin untuk virus corona.  

Tapi seperti yang dikatakan para ahli bahwa kekebalan tidak dibangun dalam sehari tetapi dalam jangka waktu tertentu.  Untuk mendapatkan imunitas yang baik, Anda harus  mengubah kebiasaan gaya hidup Anda.

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju Terjadi, Warga Ributkan Hal Ini

Apa saja? Berikut adalah lima langkah rutinitas pagi yang akan meningkatkan kekebalan tubuh seperti dilansir dari laman Times if India.

Baca juga: Waspada Mom, Kematian Anak karena COVID-19 di Indonesia Tinggi

Rumah Tangga Retak dengan Arya Saloka, Putri Anne Jalani Terapi Trauma

1. Yoga

Jika Anda terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, cobalah melakukan beberapa pose bed yoga seperti pose anak-anak.  Tahan pose tersebut selama yang Anda bisa. Pose Asana akan membantu mengendurkan otot yang kaku dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Setelah melakukan pose itu, duduklah dengan tegak dan lakukan beberapa latihan pernapasan untuk merilekskan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh setelah tidur malam. 

2. Oil pulling 

Oil pulling adalah teknik ayurveda kuno yang melibatkan minyak kelapa murni yang diperas dingin selama sekitar 4-6 menit di mulut.  Teknik ini telah direkomendasikan oleh para ahli karena asam laurat dalam minyak dapat memecah lapisan lemak bakteri di mulut, membunuh bakteri.

Kementerian Ayush di India bahkan merekomendasikan untuk mempraktikkan teknik ini setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Teknik ini  harus dilakukan dengan perut kosong, tepat setelah Anda bangun.

Baca juga: Vaksin COVID-19 dari Oxford Siap Akhir Tahun Ini?

3. Tetap terhidrasi

Kita semua tahu bahwa menjaga diri kita terhidrasi dengan baik adalah yang terpenting untuk tetap sehat.  Minumlah dua gelas air setelah bangun.  Anda bahkan dapat membuat beberapa ramuan DIY seperti air lemon, hingga air madu, meminumnya di pagi hari untuk hasil terbaik.

4.  Olahraga

Berolahraga di pagi hari adalah cara terbaik untuk mengatasi kelesuan. Lakukan 30-40 menit aktivitas fisik apa pun di pagi hari dapat mengisi daya tubuh secara fisik selama seharian.  Selain itu, olaharaga juga akan meningkatkan energi, kekuatan, fleksibilitas, dan stamina Anda.

Anda dapat memulai dengan latihan dasar seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan kemudian meningkatkan intensitas sesuai dengan tipe tubuh dan kondisi kesehatan Anda.

5. Konsumsi sarapan yang sehat

Sarapan sering dikatakan sebagai makanan terpenting.  Nikmati sarapan sehat yang sehat, dengan mengonsumsi campuran protein, karbohidrat, lemak, dan serat.  Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan segar, biji-bijian, dan sayuran ke piring sarapan Anda.

Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya