Dirawat di RS, Donald Trump Diberi Obat Eksperimental COVID-19

Donald Trump
Sumber :
  • Telegraph

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump diketahui dirawat di rumah sakit militer untuk perawatan COVID-19. Menurut pejabat White House, Trump diketahui dirawat dengan obat antibody cocktail eksperimental untuk COVID-19

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dokter kepresidenan yang merawat Trump, Dr. Sean Conley, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Trump merasakan lelah namun tetap bersemangat setelah menerima dosis intravena dari antibodi ganda Regeneron Pharmaceuticals Inc.  

Selain menerima obat eksperimental itu, Trump juga mengonsumsi penguat imun seperti, zink vitamin D, aspirin, dan obat-obatan generik lainnya, seperti dilaporkan Asiaone.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: Panduan Menggunakan Masker agar Efektif Mencegah Corona

Sebelumnya pada Jumat waktu Amerika dipindahkan ke suite khusus di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, menggunakan  untuk menjalani perawatan selama beberapa hari ke depan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Untuk diketahui, Obat Regeneron, REGN-COV2, adalah bagian dari kelas obat COVID-19 eksperimental yang dikenal sebagai antibodi monoklonal: salinan buatan antibodi manusia terhadap virus yang sedang dipelajari untuk digunakan pada pasien dengan penyakit awal.

"Dokter yang merawat Trump harus cukup prihatin dengan apa yang mereka lihat sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan obat eksperimental. Obat eksperimental menurut definisi berisiko," kata spesialis penyakit menular di Keck School of Medicine of the  Universitas California Selatan di Los Angeles, Dr. Edward Jones-Lopez. 

Baca juga: Vaksin COVID-19 dari Oxford Siap Akhir Tahun Ini?

Antibodi adalah protein yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh yang menempel dan menetralkan virus yang menyerang.  

Sedangkan Koktail Regeneron yang berisi antibodi yang dibuat oleh perusahaan dan yang kedua antibodi manusia yang pulih dari COVID-19 yang dirancang sedemikian rupa sehingga dua antibodi-nya mengikat protein lonjakan virus corona, sehingga membatasi kemampuan virus untuk melarikan diri.

"Masalahnya adalah kami tidak memiliki perawatan yang baik untuk orang dengan COVID-19 ringan. Saya membayangkan mereka melakukan ini karena mereka berharap ini berisiko relatif rendah," kata seorang dokter penyakit menular di Massachusetts  Rumah Sakit Umum di Boston, Dr. Rajesh Gandhi

Data sejauh ini terbatas untuk antibodi COVID-19, tetapi kepala penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci termasuk di antara mereka yang mengatakan bahwa teknologi tersebut menjanjikan.

Regeneron, minggu ini melaporkan hasil uji coba yang menunjukkan bahwa obatnya memperbaiki gejala pada pasien COVID-19 yang tidak dirawat di rumah sakit, tanpa efek samping yang serius.

Sehingga pihak pemerintah Amerika mengatakan berencana untuk berbicara dengan Food and Drug Administration (FDA) tentang otorisasi penggunaan darurat.

Eli Lilly & Co juga telah mengumumkan data awal yang menggembirakan dari uji coba antibodi virus corona, dan mengatakan sedang mencari otorisasi darurat dari FDA.

Selain menggunakan obat eksperimental antibodi, Trump juga menggunakan obat mulas famotidine.  Meskipun obat tersebut belum terbukti bekerja melawan COVID-19, para peneliti sedang mempelajarinya sebagai kemungkinan pengobatan.

Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya