#TanyaDokter: Saat Perut Kembung Kok Jadi Sesak Nafas Ya?

dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Pernah mengalami perut kembung dibarengi dengan sesak napas? Sebenarnya kenapa ya? Salah seorang pembaca VIVA menanyakan hal ini lewat rubrik #TanyaDokter di laman Lifestyle VIVA.co.id. 

5 Benefits of Fasting for People with GERD

Bersama dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah– Puri Indah, yuk cari tahu apa sih penyebabnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Cegah COVID-19 Pakai Masker Malah Sesak Napas, Cuma Mitos!

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

Tanya: Saya Kalau perut kembung kok jadi sesak napas ya? Bagaimana korelasinya?

Jawab: Pertama kita harus tahu antara dinding dada dan dinding perut dibatasi oleh diaghfrahma, apabila terjadi perut kembung biasanya terjadi tingginya gas di area lambung atau usus hingga membuat tekanan di dalam perut menjadi tinggi.  Maka itu akan mendesak diaghfrahma untuk ke atas., desakan dari diaghfrahma ini akan membuat pengembangan di dada jika kita menarik napas akan terganggu sehingga napas jadi pendek pendek atau bahkan sesak. 

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Jadi untuk mengurangi sesak ya biasanya karena masalah lambung, akan lebih baik, ya dijaga pola makan Anda, jika punya masalah gastritis dan sebagainya itu Anda harus berobat.

Untuk Anda yang ingin menanyakan masalah seputar kesehatan, bisa ikut konsultasi di rubrik #TanyaDokter. Caranya mudah, tinggal cek instagram story VIVA.co.id. Di situ akan disediakan kolom tempat bertanya. Akan ada dokter spesialis yang akan membantu kamu menjawab masalah kesehatanmu. 


 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya