Cegah Corona, Bagian Penting di Dalam Mobil Ini Wajib Dibersihkan

Ilustrasi menyetir mobil.
Sumber :
  • Twitter @firdyfire

VIVA – Mobil bisa dibilang sebagai rumah kedua untuk mereka yang sibuk dan sering menghabiskan waktu di jalan. Namun, di tengah pandemi corona seperti sekarang, berada di luar rumah harus waspada. Karena virus COVID-19 bisa menyerang siapa saja. Bahkan, di dalam mobil pun, ada bagian-bagian di mobil yang ikut berpotensi menjadi tempat penyebaran penyakit termasuk corona.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Untuk itu, meski mobil yang digunakan adalah mobil pribadi, wajib kamu bersihkan setiap hari. Lewat acara Hidup Sehat beberapa waktu yang lalu, drg. Tengku Annisa Utami, MARS yang merupakan Medical Host acara Hidup Sehat di tvOne menjelaskan lebih detail mengapa, mobil pribadi harus rajin dibersihkan. 

"Mobil pribadi salah satu sarana penularan virus dan bakteri," kata drg Annisa. 

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Baca Juga: Masih Dirawat di RS, Donald Trump Sebut COVID-19 Sebagai Ujian

Dia juga menjelaskan, bagian mana saja di dalam mobil yang bisa berpotensi tularkan virus corona atau COVID-19. 

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Handle Pintu
Handle pintu sering disentuh. Bisa jadi sarana penularan kuman dan virus. "Untuk membersihkannya kita gunakan cairan disinfektan atau alkohol 70 persen yang ampuh membersihkan kuman dan virus. Caranya, kita semprot ke handle pintu atau semprot ke tisu, lalu dilapkan ke handle pintu," katanya. 

Stir Mobil
Bagian dalam mobil juga wajib dibersihkan secara rutin. Selain handle pintu, stir mobil adalah bagian kemudi yang paling sering disentuh oleh tangan. "Di dalam mobil stir mobil juga salah satu tempat penularan virus dan kuman yang paling banyak. Sebelum dipegang semprotkan alkohol juga atau disinfektan lalu lap dengan tisu hingga bersih," kata drg Annisa.

Klakson
Klakson juga bagian yang jadi tempat kumat penyakit bersarang karena klakson juga harus dibersihkan karena sering disentuh. "Power window dan gagang pintu juga gak boleh ketinggalan untuk dibersihkan."

Tuas Sein 
Tuas Sein juga jadi bagian dari mobil yang harus dibersihkan. dengan disinfektan. Tak cuma itu tuas wiper dan juga kaca spion juga wajib dibersihkan. Bagian-bagian ini, juga merupakan bagian-bagian di dalam mobil yang sering disentuh.

Tombol audio
Jika ada tape di mobil, pasti bagian tombol audio tape sering disentuh. Untuk itu, bagian ini juga wajib dibersihkan. Bisa menggunakan tisu yang disemprotkan alkohol atau disinfektan. Lap dengan tisu. 

Tombol AC
Setelah tombol audio di tape, tombio AC juga wajib  dibersihkan karena termasuk yang sering disentuh tangan. Caranya sama seperti membersihkan bagian mobil yang lain, di lap dengan tisu yang sudah disemprotkan disinfektan atau alkohol. tau radion, kalau tisu udh kotor ambil tisu yang baru, juga wajib di bersihkan, tombol ac juga harus dibersihkan. "Jangan lupa, tuas persneling sama pentingnya dengan kemudi mobil yang sering kita pegang, bersihkan juga bagian itu, selanjutnya rem tangan dibersihkan juga," kata drg Annisa. 

"Jika semua sudah dibersihkan, kita bisa bepergian dengan aman," kata drg Annisa lagi. 

Seperti diketahui, Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya