5 Kesalahan Saat Menggunakan Masker, Jangan Ditiru

Mengenakan masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tiga cara efektif untuk membasmi virus corona atau COVID-19 di muka bumi, adalah dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Terkait penggunaan masker, sangat penting memakainya dengan cara yang benar untuk meminimalisasi penularan virus. Selain itu, kamu wajib menghindari kesalahan-kesalahan berikut saat memakai masker agar tidak tertular, dikutip Times of India, Senin 5 Oktober 2020.

Tidak menutupi hidung dan mulut

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Seringkali kita melihat orang-orang memakai masker tidak menutupi hidung dengan benar, sehingga posisi masker hanya berada di bawah hidung. Atau bahkan, menurunkannya hingga dagu. Hal ini tentu saja berisiko, mengingat mulut dan hidung merupakan sumber penularan utama. 

Baca juga: Ganja Berpotensi Perangi COVID-19, Apa Kata Peneliti?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Memakai masker medis terbalik

Jika kamu perhatikan dengan cermat, biasanya pada masker medis terdapat besi tipis, yang difungsikan untuk membentuk hidung saat memakainya. Setelah kamu memakainya, tekan bagian sisinya hingga membentuk hidung. Masker kamu akan mempertahankan bentuknya, bahkan setelah dilepas. 

Memakai masker luar dalam atau dua sisi

Masker medis atau masker bedah apa pun memiliki sisi luar dan dalam. Oleh karena itu, penting untuk memakainya dengan benar. Jika kamu memakai masker buatan sendiri, pastikan kamu tidak membolak-balik sisinya atau memakai kedua sisi. 

Hal ini karena sisi luar masker mungkin terkontaminasi dan ketika kamu memakainya dari luar ke dalam, kamu bersentuhan dengan patogen yang terakumulasi di sisi luar. 

Berulang kali menyentuh atau membenarkan masker

Sekali lagi, permukaan luar masker sudah terkontaminasi dan hindari menyentuh sepenuhnya. Jika terpaksa harus membenarkan posisi masker atau melepasnya, pastikan hanya memegang bagian talinya. Ingat, bersihkan tangan kamu dengan benar setelah menyentuh bagian mana pun dari masker dengan pembersih. 

Baca juga: 

Memakai kembali masker yang kotor atau basah

Penting untuk membersihkan atau mencucinya dengan benar jika menggunakan masker kain. Pastikan mencucinya dengan air hangat dan deterjen hingga bersih dan keringkan di bawah sinar matahari

Selain masker yang pas, penting menjaga masker tidak kotor dan basah. Masker basah kurang efektif melawan virus, sehingga membuat kamu dan orang lain yang dekat dengan kamu berisiko tertular infeksi

Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya