Ingin Turunkan Berat Badan? 5 Pengganti Nasi Ini Bisa Jadi Pilihan

Nasi shirataki
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mengurangi jumlah konsumsi nasi menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, bagi sebagian orang mengurangi jumlah konsumsi nasi bukanlah perkara yang mudah. 

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Mengingat banyak masyarakat yang menganggap tidak makan nasi sama dengan tidak makan. Namun, belakangan banyak sejumlah alternatif karbohidrat yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Beberapa jenisnya bahkan tetap membuatmu kenyang. Berikut ini lima makanan karbohidrat pengganti nasi seperti dilansir dari laman Times of India.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Baca juga: Pandemi Bikin Berat Badan Naik? Ini 4 Cara Sederhana Menurunkannya

1. Quinoa

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Quinoa merupakan salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi yang sangat populer. Quinoa juga diketahui memikiki protein dua kali lipat daripada nasi.

Selain itu, quinoa juya mengandung semua sembilan jenis asam amino, yang penting bagi tubuh. Meskipun rendah karbohidrat, quinoa tidak hanya pengganti nasi yang baik tetapi juga akan memenuhi dosis nutrisi harian Anda.

2. Kembang kol 

Kembang kol yang dipotong dadu merupakan nutrisi yang sangat baik sebagai pengganti nasi. Cukup gunakan pengolah makanan atau parut kembang kol dengan baik. Produk akhirnya akan terlihat mirip dengan beras.  

Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa. (u-report)

Setengah cangkir kembang kol yang dibumbui diketahui memiliki 13 kalori, sedangkan setengah cangkir nasi mengandung 100 kalori. 

3. Barley

Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang bersahaja, barley adalah gudang nutrisi. Barley adalah jenis biji-bijian yang kaya akan dengan protein, serat, zinc dan selenium. Anda dapat memasukkan barley ke dalam makanan jika Anda ingin memasukkan tekstur biji-bijian ke dalam makanan Anda.

4. Kubis cincang

Kubis adalah pilihan yang sehat bagi mereka yang membutuhkan satu porsi nasi. Kubis diketahui kaya akan sumber vitamin C dan K yang sangat baik bagi tubuh dan cukup rendah kalori. Selain itu, kubis juga dikenal untuk memperkuat tulang dan mengatur aliran darah dalam tubuh.

5. Nasi shirataki

Nasi shirataki adalah pengganti nasi yang sangat populer di Asia. Beras ini terbuat dari 97% air dan 3% serat dan secara alami rendah kalori. Nasi ini terbuat dari akar konjak, yang berasal dari Asia dan merupakan sumber serat unik yang disebut glukomanan.  Nasi jenis ini diketahui mengandung hampir 0 kalori untuk dikonsumsi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya