Ahli Kesehatan Ingatkan Donald Trump: COVID-19 Adalah Ancaman

Presiden Amerika Donald Trump.
Sumber :
  • IG Donald Trump.

VIVA – Melangkah dengan hati-hati, Presiden Donald Trump keluar dari rumah sakit militer pada Senin malam, 5 Oktober 2020 waktu setempat, di mana dia telah menerima perawatan COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini segera memicu kontroversi baru dengan menyatakan bahwa terlepas dari penyakitnya, negara tidak boleh takut akan virus yang telah membunuh lebih dari 210.000 orang Amerika.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kembali ke Gedung Putih, dia menaiki tangga South Portico, melepas maskernya dan mengungkap kondisinya.

"Saya merasa baik," katanya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca Juga: Keluar Rumah Sakit, Trump: Jangan Takut pada COVID-19

Beberapa menit sebelumnya, presiden meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed untuk menunggu SUV yang membawanya ke Marine One untuk penerbangan helikopter singkat kembali ke Gedung Putih.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dokter Trump, Navy Cdr. Sean Conley, mengatakan presiden tidak akan sepenuhnya keluar, tetapi Trump telah memenuhi atau melampaui standar untuk keluar dari rumah sakit. Trump diperkirakan akan melanjutkan pemulihannya di Gedung Putih, di mana jangkauan wabah yang telah menginfeksi level tertinggi pemerintah AS terungkap.

Tetap saja Trump, yang tetap menularkan, mengindikasikan bahwa dia tidak akan bisa dicegah untuk berkampanye. Trump juga berusaha untuk terdengar percaya diri.

"Saya akan meninggalkan Walter Reed Medical Center hari ini jam 18.30. Merasa benar-benar baik! Jangan takut COVID. Jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda. ... Saya merasa lebih baik daripada sebelumnya 20 tahun yang lalu!" cuitnya di twitter.

Namun, pesan itu membuat khawatir para ahli penyakit menular dan menyarankan agar Presiden tak angkuh terhadap penyakit itu, di mana COVID-19  juga telah menginfeksi ibu negara dan beberapa pembantu Gedung Putih.

“Kita harus realistis dalam hal ini: COVID adalah ancaman lengkap bagi populasi Amerika,” kata Dr. David Nace dari University of Pittsburgh Medical Center, seorang ahli infeksi pada orang dewasa yang lebih tua.

“Sebagian besar orang tidak seberuntung presiden, dengan unit medis internal dan akses ke perawatan eksperimental,” Nace menambahkan.

Keluarnya Trump dari RS menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana pemerintah akan melindungi pejabat lain dari penyakit yang masih merajalela di tubuh presiden. Sekretaris pers Kayleigh McEnany mengumumkan bahwa dia telah dites positif terkena virus pada Senin pagi dan memasuki karantina.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya