Tingkat Kesembuhan Pasien di Wisma Atlet Capai 90 Persen

Virus Corona COVID-19.
Sumber :
  • dw

VIVA – Tingkat kesembuhan pasien positif virus corona atau COVID-19 yang dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran cukup tinggi. Pihak RSD Wisma Atlet terus menerapkan kedispilinan kepada pasien. 

Ekonomi Terus Pulih, OJK Umumkan Berakhirnya Stimulus COVID-19 Penilaian Kualitas Aset Sektor PVML

“Tingkat kesembuhan di wisma atlet rata-rata mencapai 90%. Kami terus menerapkan kedisiplinan untuk meningkatkan angka kesembuhan,” Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono dari siaran pers yang diterima VIVA, Rabu 7 Oktober 2020.

Ia menyampaikannya  dalam Rapat Kordinasi (Rakor) virtual tentang Penanganan COVID19 di Wisma Atlet bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Arab Saudi Minta Jemaah Haji Pakai Masker Saat Berada di Dua Masjid Ini

Baca juga: WHO: Vaksin COVID-19 Siap Akhir Tahun

Selain itu, Mayjen Tugas Ratmono juga melaporkan berbagai perkembangan di RSD Wisma Atlet seperti total pasien masuk berdasarkan rujukan, ketersediaan akomodasi, jumlah SDM, stok APD, stok Lab, ketersediaan obat terapi COVID- 19 dan terapi pendukung.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

“Beberapa obat terapi COVID- 19 dan obat terapi pendukung persediannya kurang dari satu minggu, seperti Oseltamivir dan Chloroquin Fosfat," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Menkes Terawan mengatakan akan segera mendistribusikannya ke wisma atlet. 

"Jangan sampai penderita COVID- 19 gejala ringan berpindah menjadi gejala sedang karena kekurangan obat," ujar Menko Luhut pada Menkes Terawan.

Menko Luhut juga berpesan agar proses isolasi mandiri di wisma atlet diperketat. Dia menyebut jangan sampai ada pasien yang tidak segera keluar saat sudah sembuh dan mengambil jatah pasien yang membutuhkan.

Menko Luhut juga menegaskan sistematika tracing pasien penderita COVID- 19 di dalam kota juga harus semakin digencarkan dan harus tepat sasaran. BUMN yang juga hadir dalam rakor tersebut diminta untuk terus mempersiapkan kebutuhan penyaluran obat-obatan.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya