Kunci Kesembuhan COVID-19, Dokter Sarankan Tidur Cukup

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dokter menyebut bahwa kunci kesembuhan dari pasien COVID-19 adalah dengan menjaga pola tidurnya. Melalui hal tersebut, dokter mengklaim tubuh pasien akan lebih mudah membentuk antibodinya untuk melawan virus corona.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dokter Spesialis Paru dan Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Dr. Dewiyana Andari Kusmana, SpP (K), menjelaskan dalam penelitiannya, bahwa durasi tidur yang cukup membuat antibodi lebih mudah terbentuk. Salah satu cara mencukupi durasi tidur, yakni disarankan sebelum pukul 21.00 sudah bisa terlelap.

Baca Juga: 2 Kandidat Vaksin COVID-19 Siap Edar di Indonesia

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Saat antibodi terbentuk, maka tubuh akan lebih mudah melawan serangan dari virus, bahkan meminimalisir jumlahnya. Selain itu, dokter Dewiyana menyarankan agar pasien selalu berpikir positif dan tenang lantaran kegelisahan malah memicu penurunan antibodi.

"Kalau gelisah terus, maka semakin tegang dan makin banyak penyakit lainnya yang dimunculkan," ujar dokter Dewiyana, dalam acara Satgas COVID-19 melalui kanal YouTube BNPB Indonesia.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Warga melintas di dekat mural bergambar tenaga medis dan Virus Corona (foto ilustrasi).

Saat gelisah, kata Dewiyana, akan membuat kadar hormon tidak stabil di tubuh. Kodisi tersebut lantas membuat fungsi kerja organ-organ tubuh menjadi terhambat.

“Jangan panik, yang membuat hormon berantakan, lambung iritasi, nadi hipertensi, psikis gelisah. Itu mengacaukan semuanya," imbuhnya.

Menjaga asupan nutrisi dan cairan tetap terpenuhi juga menjadi hal yang penting bagi kesembuhan pasien. Terlebih, pada pasien tanpa gejala alias OTG, makanan bergizi seimbang, cairan yang banyak serta istirahat mencukupi mampu menjaga kadar antibodi tetap stabil.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya