#TanyaDokter: Diet dan Olahraga Apa yang Aman untuk Orang Hipertensi?

dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikontrol. Jika Hipertensi tak terkontrol, Anda harus hati-hati karena bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke atau bahkan kematian.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Lewat rubrik #TanyaDokter, salah seorang pembaca VIVA menanyakan hal terkait hipertensi. 

Bersama dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah, yuk cari tahu, hal-hal apa saja yang harus Anda tahu terkait hipertensi. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Baca Juga: #TanyaDokter: Batuk 1,5 Bulan dan Bagian Bawah Payudara Terasa Sakit

Salah satu yang ditanyakan oleh pembaca VIVA terkait masalah hipertensi adalah tentang olahraga yang cocok dan aman dilakukan si penderita hipertensi juga diet apa yang bisa dijalani penderita hipertensi. Berikut ini penjelasannya. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Tanya: Diet dan olahraga apa saja yang dianjurkan untuk penderita hipertensi?

Jawab: Pada penderita hipertensi diet yang dianjurkan adalah membatasi asupan garam. Natrium yang harus dibatasi kurang dari 2300 mg perhari atau 2-3 sendok teh, selain itu juga makanan lemak trans atau lemak jenuh harus dihindari, jadi pilihlah makanan low fat. Kemudian perbanyak makanan mengandung mineral hindari makanan yang diproses, makanan yang digoreng  dihindari juga makanan kemasan kaleng dihindari. 

Untuk olahraga ada baiknya dilakukan lima kali dalam seminggu , minimal tiap exercise 30 menit. Olahraga yang dianjurkan seperti berjalan, lari, treadmil, sepeda, renang, itu boleh dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya