Penyebab Sering Timbul Kram Saat Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Tak sedikit orang yang mengeluhkan berbagai kondisi saat bangun tidur. Ada yang mengaku pusing, tak sedikit juga yang mengalami kram saat bangun tidur di pagi hari. 

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Disarankan Transplantasi Tulang Belakang, Kenapa?

Penyebab dari masalah-masalah yang kerap timbul saat bangun tidur pun beragam. Mulai dari memiliki kondisi kesehatan tertentu, hingga kurang mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin yang dibutuhkan. 

Baca juga: Kesemutan dan Kram, Waspada Gejala Neuropati

Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Khusus bagi kamu yang mengalami kram pada saat bangun tidur, spesialis saraf, dr Zicky Yombana, Sp.S, mengungkap beberapa hal yang menjadi penyebabnya. 

"Kalau kram ini kita lihat dari sebabnya dulu. Sebabnya ada banyak. Dari yang gampang, itu biasanya kurang vitamin neurotropik atau B kompleks, nah itu sering tuh. Yang makannya kurang bagus, kurang vitamin, bisa bikin kram juga," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne. 

Suka Kretek Leher, Hati-Hati Bisa Jadi Saraf Kejepit

Tidak disangka-sangka, ternyata jika kita kerap mengalami kram, Zicky mengungkap, kita memiliki masalah pada tulang belakang bagian pinggang. Kok, bisa? 

"Karena saraf dari pinggang ini akan larinya ke kaki. Jadi, masalahnya di kaki, sebabnya dari tulang belakang bagian pinggang," kata dia.

Baca juga: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Berisiko Sebabkan Saraf Kejepit

Menurut Zicky, penyebabnya pun beragam. Salah satunya berawal dari posisi bangun tidur yang salah. 

"Orang yang bangun tidurnya posisinya salah (telentang), lama-lama akhirnya akan menyebabkan saraf kejepit di daerah pinggang tadi," tutup dokter Zicky Yombana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya