Efektifkah Makan Sedikit Tapi Sering untuk Turunkan Berat Badan?

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Ketika ingin menurunkan berat badan, sering kita temukan banyak orang yang bingung dengan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan diet dan olahraga.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Hal ini lantaran begitu banyaknya informasi di internet mengenai penurunan berat badan, sehingga semakin sulit bagi orang untuk membedakan antara apa yang benar dan mana yang salah.

Baca Juga: Mau Berat Badan Turun? Ini Waktu Terbaik Makan Pagi, Siang dan Malam

Demi Totalitas Perankan Glenn Fredly, Marthino Lio Sampai Lakukan Hal Ini

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah tentang jumlah atau frekuensi makanan yang harus dikonsumsi.

Beberapa orang berpendapat bahwa makan sebanyak 5-6 porsi kecil dalam sehari lebih baik daripada makan 3 kali dalam sehari karena membantu meningkatkan metabolisme, sehingga menurunkan berat badan dengan cepat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Ilustrasi wanita sedang makan.

Tetapi apakah itu benar-benar membantu?

Dilansir dari laman Times of India, Sabtu, 10 Oktober 2020, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Ottawa, tidak ada keuntungan atau kerugian membagi kalori di antara enam kali daripada tiga kali makan.

Studi lain menunjukkan bahwa makan tiga kali dalam sehari tidak memengaruhi proses pembakaran kalori atau penurunan lemak. Sebaliknya, peneliti menyaksikan bahwa makan enam kali justru bisa membuat orang makan lebih banyak dari biasanya.  

Tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim bahwa sering makan baik untuk menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti hanya makan enam kali sehari yang memiliki efek samping. Penelitian menunjukkan bahwa hanya makan tiga kali dapat membuat Anda lebih lapar dan cenderung makan berlebihan

Hal terpenting yang harus diingat semua orang ketika mencoba menurunkan berat badan adalah memiliki harapan yang realistis. Ada beberapa pendekatan berbeda untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak semua mungkin sesuai dengan gaya hidup Anda.  

Ketika Anda memilih untuk melakukan sesuatu di mana Anda harus melakukan banyak modifikasi, maka kemungkinan gagalnya tinggi. Jika Anda memiliki jam kerja dari pukul  09.00 hingga 18.00, maka akan sulit untuk makan setiap dua sampai tiga jam sekali.  

Dalam menurunkan berat badan, penting untuk menjaga jumlah asupan kalori Anda tetap terkendali. Tidak masalah jika Anda makan enam atau tiga kali sehari. Yang penting, bagi konsumsi kalori Anda menjadi bagian yang sama dan patuhi untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya