Mengenal 3 Vaksin COVID-19 yang Akan Hadir di Indonesia pada November

Ilustrasi vaksin corona
Ilustrasi vaksin corona
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kementerian Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan program vaksinasi COVID-19 akan dimulai pada awal November 2020. Vaksin yang akan digunakan pada awal November 2020 mendatang berasal dari tiga perusahaan farmasi China yakni Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Setidaknya akan ada jutaan dosis vaksin virus corona di Indonesia hingga akhir tahun ini. Lalu seperti apa tiga jenis vaksin dari ketiga perusahaan tersebut? Berikut ini rangkumannya.

Sinovac

Dilansir dari laman fortune, vaksin Sinovac, yang disebut CoronaVac, didasarkan pada pendekatan yang paling banyak dicoba dan teruji untuk pengembangan vaksin yakni dengan metode inktivasi. 

Baca juga: Vaksin Corona Siap November, Ini Orang Pertama yang Diprioritaskan

Metode ini adalah metode pembuatan vaksin COVID-19 dengan menggunakan virus yang tidak aktif untuk mengajarkan sistem kekebalan untuk membangun toleransi terhadap penyakit.

Perusahaan tersebut diketahui telah melakukan uji coba fase III termasuk di Indonesia. Vaksin dari Sinovac, Tiongkok, ini sudah tiba di Bio Farma pada tanggal 19 Juli 2020. Vaksin COVID-19 dari Sinovac digunakan untuk kebutuhan fase uji klinis tahap 3 pada Agustus 2020 lalu. Sinovac sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) di sejumlah negara pada Juli 2020 lalu.