Nyeri Dada Menjalar ke Lengan, Waspada Serangan Jantung

Ilustrasi serangan jantung/nyeri dada.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, terdapat tiga penyakit kronis dengan penderita tertinggi di Jawa Timur. Hipertensi berada di urutan pertama dengan total penderita mencapai 11.481.333, diikuti dengan penderita penyakit jantung sebanyak 599.339, dan terakhir adalah penyakit stroke dengan total penderita hingga 391.984.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Dokter spesialis jantung, dr. Achmad Lefi, dr, SpJP (K), FIHA mengungkapkan dalam Webinar bertemakan "Waspada Jantung di Usia Produktif, Kenali Faktor Resiko dan Pencegahannya", secara umum, serangan jantung adalah kondisi jantung tertutup rapat atau terjadi pembekuan secara mendadak karena tidak adanya asupan nutrisi oksigen ke dalam dada. Ia menegaskan perlunya mengenali berbagai faktor risiko serta pencegahan penyakit kronis salah satunya adalah penyakit jantung.

Baca juga: 3 Kiat Jantung Sehat di Tengah Pandemi Corona

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

"Ada beberapa tanda-tanda seseorang mendapatkan serangan jantung, di antaranya, rasa sakit, nyeri, atau tidak nyaman di tengah dada. Nyeri tersebut kemudian menjalar ke lengan kiri, bahu, punggung, leher seperti rasa tercekik. Lalu diikuti dengan sesak napas, mual, muntah, pusing, hingga bisa pingsan," paparnya dalam Webinar yang diinisiasi Lifepack.

Dr. Lefi menambahkan, saat ini penderita penyakit jantung di Indonesia mencapai 16,8 juta orang dengan dominasi usia penderita 45-65 tahun sebanyak 6,88 juta. Karenanya, diperlukan solusi bagi penderita penyakit jantung untuk meningkatkan keteraturan dalam mengonsumsi obat. Salah satunya, Lifepack, apotek digital pertama di Indonesia sebagai penyedia layanan obat terlengkap untuk memenuhi ketersediaan obat.

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

“Saya melihat, Lifepack dapat menjadi solusi pemecahan masalah untuk meningkatkan keteraturan minum obat bagi penderita penyakit kronis salah satunya penyakit jantung," kata dia.

CEO Lifepack & Jovee, Natali Ardianto, mengatakan bahwa apotek digital dapat memberikan inovasi untuk penderita penyakit kronis. Dengan demikian, kepatuhan mengonsumsi obat dapat terus dilakukan guna mencegah penyakit komplikasi yang mengintai.

"Kami mengekspansi layanan ke Surabaya merupakan langkah yang tepat untuk membantu meningkatkan kesadaran akan medical adherence atau kepatuhan pengobatan masyarakat Surabaya. Karena kota Surabaya ternyata memiliki jumlah penderita penyakit kronis cukup tinggi diantaranya, hipertensi, jantung, dan stroke," kata Natali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya