5 Jenis Karbohidrat Ini Baik untuk Turunkan Berat Badan

Sayur Buncis
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mengurangi asupan karbohidrat adalah salah satu hal yang pertama kali dilakukan kebanyakan orang saat ingin menurunkan berat badan. Mengingat banyaknya anggapan bahwa karbohidrat menjadi penyebab utama kenaikan berat badan mereka. 

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Maka dari itu, tidak sedikit masyarakat yang menghindari karbohidrat setelah makan siang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, ternyata tidak sepenuhnya anggapan itu benar. Sebab, karbohidrat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menyediakan energi, yang mana tanpa karbohidrat penurunan berat badan menjadi sulit.  

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Baca juga: 6 Rekor Dunia Seks Teraneh, Nomor Satu Bikin Kaget

Namun, ada sejumlah karbohidrat yang direkomendasikan dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Apa saja? Berikut ini rangkumannya seperti dilansir dari laman Times of India.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Buncis

Jika Anda ingin mengunyah sesuatu saat diet, buncis harus ada di daftar camilan. Selain bergizi dan kaya serat, buncis diketahui tidak memengaruhi berat badan, namun sebaliknya membantu Anda mengaturnya dan mencegah makan berlebihan.  

Barley

Menurut sebuah penelitian di Swedia, mengkonsumsi barley rebus dapat membantu meningkatkan metabolisme dan kandungannya yang kaya serat dapat menurunkan tingkat rasa lapar dalam tubuh.

Quiona

Quinoa adalah makanan berserat yang sangat kaya nutrisi. Nutrisinya membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme.  Karena tingkat asam lemak bebasnya yang lebih rendah, quinoa ini telah dilihat sebagai ukuran yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Ubi

Ubi adalah produk karbohidrat pilihan yang tidak memuaskan selera makan makanan tapi juga baik bagi kamu yang berdiet. Ubi jalar disebut dapat meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang mengatur gula darah dan membantu mendorong metabolisme lebih cepat.

Tauge

Ilustrasi tauge.

Tauge adalah makanan rendah karbohidrat yang kaya serat.  Tauge dapat membantu Anda dalam mengatur berat badan dan juga membantu membuat kenyang lebih lama serta mencegah Anda makan berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya