5 Tips Memulai Olahraga untuk Mereka yang Mager

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Rutin berolahraga sudah banyak yang tahu punya banyak manfaat. Bukan hanya dapat mempertahankan berat badan, olahraga secara rutin juga baik bagi kesehatan mulai dari mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan diabetes, mencegah nyeri punggung, menunda keterbatasan fisik saat usia tua, hingga menekan risiko osteoporosis.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Namun meski begitu, melakukan olahraga sendiri bukanlah perkara yang mudah bagi setiap orang. Apalagi bagi mereka yang sama sekali jarang untuk melakukan aktivitas fisik ini. Lalu bagaimana tips untuk memulai berolahraga untuk mereka yang mulai mager alias malas gerak? 

Baca Juga: Jangan Keliru, 4 Olahraga Ini Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Berikut ini 5 tips bangkitkan semangat untuk memulai olahraga seperti dikutip laman Everyday Health:

1. Lakukan secara perlahan

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Tips pertama yang harus dilakukan adalah jangan langsung melakukan olaharaga secara drastis setiap harinya, menurut Direktur Fisiologi Latihan di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di Houston, John Higgins, MD. Dia menyarankan ada baiknya melakukan olahraga secara beberapa hari per minggu sambil melihat respon dari tubuh Anda. 
 
“Lakukan secara perlahan, rekomendasi berolahraga untuk pemula adalah 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari.  Tetapi untuk seseorang yang baru memulai, kami sarankan mereka melakulannya 1-2 hari per minggu dan kemudian meningkat," kata dia. 

2. Peregangan

Melakukan peregangan sebelum olahraga adalah hal yang umum dilakukan. Namun ternyata itu bisa meningkatkan risiko cedera jika kamu salah. 

"Setelah pemanasan, kamu harus meregangkan otot dan menahannya selama sekitar 15 detik," kata Higgins. 

3.Variasi Olahraga

Apapun tujuan olahraga baik untuk menurunkan berat badan atau tidak, disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang itu-itu saja. Higgins menyebut, jika seperti itu kamu akan cepat bosan. 

“(Jangan hanya berlari) Itu akan membosankan dan Anda akan sampai pada titik di mana Anda tidak menikmatinya lagi.  Cobalah bersepeda, atau elips atau apa pun yang paling Anda sukai.  Jika Anda suka bermain bola basket atau tenis, lakukan itu," kata dia. 

Selain itu, di antara empat jenis latihan, yaitu aerobik, latihan ketahanan (kekuatan), fleksibilitas (yang mencakup yoga) dan keseimbangan, sangat penting bagi manula.

4.Cek Berat Badan

Kebanyakan orang bingung ketika pertama kali mereka pergi ke gym, dan takut meminta nasihat.  

"Pusat kebugaran harus memiliki orang yang dapat membantu menunjukkan kepadamu cara berolahraga di mesin, dan itu bisa menyelamatkanmu dari cedera parah," kata dia. 

Selain itu, banyak pemula olahraga yang melakukan beberapa kesalahan dalam menggunakan alat berat. 

“Gunakan alat berat dan, mulai dari berat terendah, tarik ke bawah dan terus tambahkan dari sana.  Teruslah menambah berat sampai Anda mencapai titik di mana Anda hanya bisa melakukan satu atau Anda tidak bisa melakukan apa pun.  Itu terlalu banyak," kata dua. 

Setelah Anda menemukan berat maksimum, dua pertiga dari jumlah itu adalah tempat Anda harus mulai.

"Kamu seharusnya bisa melakukan sekitar 12 repetisi. Itu harus mudah, tetapi seharusnya tidak sulit ke titik di mana Anda tegang," kata dia. 

5.Istirahat

Ketika orang mulai berolahraga, mereka sering terlalu bersemangat dan mereka pergi ke gym setiap hari, kata Higgins.  Namun, jika begitu kamu malah menyakiti tubuh kamu sendiri. Dengan tidak membiarkan tubuh beristirahat, kamu dapat melakukan lebih banyak kerusakan daripada mendapatkan manfaat.

"Jika Anda tidak memberi waktu tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri, kinerja Anda akan turun dan Anda akan masuk ke lingkaran setan di mana Anda tidak pernah sepenuhnya pulih," katanya.

Dan jika Anda sakit setelah latihan, itu bagus - kecuali jika terlalu sakit.

"Adalah normal untuk merasakan sakit dan pegal setelah berolahraga," kata Higgins.  

Dia melanjutkan, ketika mengalami sakit seperti itu jangan pernah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Karena itu bisa menutupi rasa sakit dan menyebabkan kerusakan nyata pada tubuh. 

“Biarkan diri Anda pulih secara alami," kata dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya