Terkuak, Titik-titik Akupuntur Atasi Sakit Kepala dan Pinggang

Akupuntur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pijatan bisa menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir rasa nyeri yang melanda di beberapa area tubuh. Khususnya pada pijatan akupuntur, dengan titik yang tepat, dapat meredakan nyeri yang menganggu di kepala, dada, hingga pinggang. Mau coba?

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Dokter spesialis akupuntur, Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk dalam acara Hidup Sehat, tvOne, mengatakan bahwa titik akupuntur yang tepat bisa mencegah penyakit yang rentan mengintai.

Apa saja penyakit yang dapat diatasi dengan akupuntur? Di mana saja titik tepat pemijatan akupuntur? Berikut ulasannya.

Pijatan dan Stimulasi Kulit, Kunci untuk Kesehatan dan Kecantikan Optimal

Sakit kepala
Untuk redakan sakit kepala, bisa lakukan pemijatan di titik antara ibu jari dan telunjuk. Pijat sampai terasa ada pegal atau ngilu selama 5-10 menit.

Baca juga: Akupuntur Bantu Pengobatan Penderita Virus Corona, Menurut Studi Baru

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

"Sudah diteliti bahwa titik akupuntur ada efek sentral tingkatkan endorfin, meningkat setelah 20 detik dirangsang, 3 menit kemudiaan keluar dengan optimal untuk redakan nyeri," paparnya.

Sakit pinggang
Pilih area sisi samping luar ibu jari. Pijat searah mulai dari pangkal sampai ujung kuku. Ulangi sampai nyeri mereda atau sekitar 10 menit. Usahakan memijatnya memakai lotion agar mencegah iritasi kulit.

Nyeri dada
Tekuk jari seperti mengenggam kuat. Lalu bagian telapak tangan yang tersentuh kelingking, bisa ditekan kuat sampai terasa ngilu atau sekitar 5-10 menit.

"Jika nyeri dada akibat penyakit jantung iskemik, pemijatan ini bisa pertolongan pertama pereda nyerinya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya