#TanyaDokter: Kenapa Kulit Sering Alami Gatal-gatal?

dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Rubrik #TanyaDokter kembali hadir. Edisi kali ini menggandeng Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Jonathan Subekti, Sp.KK, B.Med.Sc.

Atasi Gatal dengan Oleskan Lidah Buaya, Hati-hati Efek Ini

Lewat #TanyaDokter ada yang mengeluhkan masalah kulit gatal. Kondisi yang terus menerus ternyata bisa sangat menganggu. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak lebih lengkap mengapa kulit sering mengalami gatal-gatal.

Baca Juga: #TanyaDokter: Pengendapan Lemak di Hati, Apakah Masih Bisa Diobati?

Jangan Sepelekan Gatal-gatal, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Lain yang Lebih Parah

Kulit terasa gatal.

Tanya: Kalau kulit gampang gatal-gatal, kenapa ya? Apakah ada kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mencegah sering timbulnya gatal?

7 Dampak Keramas Setiap Hari, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Rambut

Jawab: Penyebab gatal macam macam sekali ya, apakah memang ada infeksi jamur, atau genetik (exzema). Untuk dapat mengobati dengan baik kita harus tahu dulu penyebabnya apa. Jika sudah tahu penyebabnya, baru kita bisa melakukan pengobatan yang tepat. 

Kulit kering dan gatal bisa jadi tanda kadar gula darah tinggi.

Baca Juga: #TanyaDokter: Benarkah Gatal di Kulit Disebabkan oleh Stres?

Tapi jika penyebabnya karena kulit sensitif atau kulit kering, kita bisa lakukan beberapa hal. Pertama, bisa pakai sabun yang lembut, hindari sabun yang wangi atau terlalu keras. Jika sering beraktivitas di ruangan ber-AC kita harus rajin gunakan pelembap agar kulit tetap lembap. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya