Pemerintah Siapkan 9,1 Juta Vaksin COVID-19 Akhir November

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • Pixabay/kfuhlert

VIVA – Kementerian Kesehatan RI tengah menyiapkan 9,1 juta dosis vaksin COVID-19 di Indonesia. Rencananya, terdapat tiga jenis vaksin COVID-19 yang akan diterima dan digunakan pada akhir November 2020 ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Total 9,1 juta dosis vaksinvirus corona tersebut diberikan dari Sinovac, Cansino dan Sinopharm. Vaksin Sinovac sendiri telah disiapkan di bulan November mendatang sebanyak 1,5 juta dosis.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 Naik di Long Weekend, Masih Mau Liburan?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Lantaran vaksin Sinovac diberikan dalam dua kali dosis, maka rencana pengiriman kembali pada bulan Desember dengan jumlah yang sama yakni 1,5 juta dosis. Sama juga dengan vaksin Sinopharm yang diberikan dua kali dosis pada tiap individu.

"Sinopharm sudah memberikan komitmen Desember kirim 15 juta dosis. Artinya, kalau penyuntikan dua kali bisa digunakan untuk 7,5 juta orang," ujar Dirjen P2P dr Achmad Yurianto dalam konferensi pers Update Persiapam Vaksin COVID-19 di Indonesia, Senin, 19 Oktober 2020.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dengan dua kali penyuntikan dari vaksin COVID-19 Sinovac dan Sinopharm, maka pemberiannya diberi jeda selama 14 hari. Dengan begitu, efek dari vaksin bisa berfungsi dengan maksimal dalam melawan serangan virus SARS-CoV-2.

Sementara, vaksin COVID-19 Cansino telah tersedia 100 ribu dosis dengan hanya satu kali pemberian vaksin. Sehingga, total keseluruhan ada sebanyak 9,1 juta orang yang bisa diberikan vaksin COVID-19 tersebut pada akhir November.

"Kalau semuanya aman dalam sisi medis dan kehalalan, maka secepatnya kita akan bisa melakukan ini pada akhir November," tambah Yuri.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya