Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Jangan Sampai Botak

penyebab rambut rontok
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Keluhan rambut rontok sering kita dengar terjadi pada wanita. Namun bukan berarti hanya dialami oleh wanita saja, tidak sedikit pria yang mengalami kerontokan rambut. Kerontokan rambut bisa juga menyebabkan kebotakan dini yang akan berimbas pada menurunnya kadar kepercayaan diri pada pria. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dijelaskan oleh ahli kesehatan, dr. Eklendri Senduk, D.AAAM, M.Kes dalam program Hidup Sehat, tvOne bahwa faktor usia di atas 40 tahun memengaruhi kerontokan rambut. Selain itu, faktor genetik dan hormonal juga ikut memengaruhi kerontokan pada pria 

"Bisa terjadi baik wanita dan pria, karena penyebab genetik atau hormonal. Cuma pada pria fase pertumbuhan rambut yang adalah anagen itu pria karena hormon testosteron lebih pendek otomatis cenderung lebih mempercepat kerontokan rambut," kata dia. 

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Baca juga: Inovasi Atasi COVID-19, Ini 5 Fakta Perawatan Stem Sel

Selain itu, penggunaan topi, dan helm yang terlalu sering juga dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut. Hal ini lantaran kata dia, penggunaan topi dan helm yang terlalu sering menggangu sirkulasi rambut atau pernapasan rambut. 

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

"Karena sirkulasi udara di rambut tidak sempurna otomatis rambut tidak tumbuh sempurna," jelas dia.

Untuk mencegah kerontokan rambut dan kebotakan rambut pada pria, dia merekomendasikan mengonsunsi makanan yang mengandung protein tinggi. Sebab salah satu zat penyusun dasar dari pembentukan rambut adalah keratin, dan keratin merupakan kelompok protein.

"Jadi keratin itu, kelompok protein yang menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan. Beberapa makanan yang tinggi protein, tahu tempe telur ikan kacang ini kaya protrin memperkaya keratin dan ini menyehatkan rambut," tutur dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya