Terkuak, Trik Memijat untuk Kontrol Diabetes dan Hipertensi

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes dan hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis atau menahun yang tak bisa disembuhkan dan hanya dapat dikontrol dengan obat. Namun, beberapa pengobatan alternatif lain ternyata ampuh mengatasinya, termasuk acupressure atau akupresur.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Akupresur merupakan perawatan kesehatan holistik dari pengobatan tradisional China berupa pijatan di titik tertentu. Ini mirip dengan akupuntur, namun bedanya tak memakai jarum untuk menekan titik tersebut.

Dokter spesialis akupuntur, Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk dalam acara Hidup Sehat, tvOne, mengatakan bahwa akupresur bisa mengatasi beberapa gejala penyakit, meski tak langsung mengobatinya.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Diabetes dan hipertensi termasuk yang dapat dikontrol dengan cara memijat atau menekan di titik yang ada di kaki. Seperti apa caranya? Bagaimana melakukannya dengan tepat?

Baca juga: 7 Obat Herbal Diabetes yang Terbukti Menyembuhkan

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Yuk kita lihat penjelasan dokter Kemas, sekaligus bisa langsung dicoba di rumah. Ingat ya, untuk melakukan akupresur disarankan memakai minyak atau lotion agar tidak mengiritasi kulit.

Diabetes
Diabetes terjadi lantaran hormon insulin tak mampu berfungsi dengan baik. Untuk itu, titik akupresur dilakukan dengan tujuan mengembalikan kerja hormon insulin. Titik akupresur tersebut ada di 4 jari di atas mata kaki.

"Berkaitan dengan hormon insulin, jadi (titik tekan) langsung ke pangkreas. Tekan di titik itu dengan durasi 10 menit bergantian antara kaki kanan dan kiri," tuturnya

Darah tinggi atau hipertensi
Titik untuk hipertensi ada di sekitar pinggung kaki. Tepatnya di antara ibu jari dan telunjuk kaki. Tekan lama di titik tersebut sampai terasa nyeri untuk meminimalisir darah tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya