Mau Turunkan Berat Badan? Cek Dulu Rumus Hitung Kalori Ini

Berat badan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kalori yang defisit seringkali diklaim sebagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Secara sederhana, defisit kalori berarti jumlah kalori yang dibakar lebih banyak daripada jumlah kalori yang Anda konsumsi dalam sehari.  

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Lalu berapa kalori yang harus Anda konsumsi dalam sehari? Jawabannya tergantung pada berbagai faktor termasuk usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, kesehatan metabolisme dan beberapa faktor lainnya.

Dilansir dari laman Times of India berikut ini cara menghitung jumlah kalori yang perlu dikonsumsi.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

1. Persamaan Harris Benedict:

Laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) - (5,68 x usia)
Wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) - (4,33 x usia)

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

 2. Persamaan Mifflin-St Jeor:

PRIA: BMR = (10 x berat)+ (6.25 x tinggi)- (5 x umur) + 5
PEREMPUAN: BMR = (10 x berat) + (6.25 x tinggi) - (5 x usia) - 161

Aturan umum saat mencoba menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori hingga 500 kalori lebih sedikit daripada yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan berat badan saat ini.

Dengan melakukan ini akan membantu Anda menurunkan 0,45 kilogram berat badan per minggu.

Untuk wanita yang cukup aktif berusia antara 26-50 perlu makan sekitar 2000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan idealnya.

Baca juga: Kombinasi Perasan Lemon dan Garam Hitam Dapat Turunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan 0,45 kilogram dalam satu minggu, wanita harus mengurangi asupan kalori hingga 1500 kalori per hari.

Wanita yang aktif dan berjalan kaki sekitar 5 kilometer per hari perlu mengonsumsi 2.200 kalori atau sedikit lebih banyak untuk menjaga berat badan hariannya.

Perkiraan ini tidak berlaku untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui, karena mereka membutuhkan lebih banyak kalori untuk kesehatan mereka dan bayi.

Sedangkan untuk pria yang cukup aktif dan berusia antara 26-45 membutuhkan sekitar 2600 kalori per hari untuk menjaga berat badannya. Sama seperti wanita, pria juga perlu mengurangi asupan kalori hingga 500 kalori untuk mengurangi berat badan.

Pria yang aktif dan berjalan setiap hari membutuhkan 3.000 kalori untuk menjaga berat badannya. Pria-pria ini juga perlu mengurangi jumlah kalori 500 kalori, untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan untuk anak-anak memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas sehari-hari. Balita membutuhkan 1.200-1400 kalori per hari, sedangkan remaja membutuhkan 2.000-2.800 kalori per hari.

Remaja aktif membutuhkan lebih banyak kalori. Anak-anak yang bertambah usia dan melakukan aktivitas fisik tidak perlu menghitung kalori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya