Jahe Ampuh Detoks Paru-paru Cegah Kerusakan COVID-19

Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ congerdesign

VIVA – Diterapkannya PSBB Transisi kembali membuat kendaraan mulai memicu peningkatan polusi udara di tengah pandemi COVID-19. Udara yang tercemar dan virus corona baru menjadi perpaduan yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan paru-paru menjadi lebih penting.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Detoksifikasi dan pembersihan paru-paru secara teratur membantu membuang racun lingkungan, organisme berbahaya, dan penyebab iritasi. Ini akan meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi pembengkakan atau peradangan, dan memperkuat kapasitas paru-paru. 

Selain itu, ini akan membantu membersihkan lendir dari saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru. Membersihkan paru-paru secara rutin bahkan dapat membantu mengobati bronkitis kronis, asma, infeksi tenggorokan, serta mencegah bau mulut. Bagaimana membersihkan paru-paru dengan cara yang mudah, ya?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: Begini Kriteria Masker Kain agar Efektif Cegah COVID-19

Jawabannya, jahe menjadi bahan dapur umum yang sangat bagus untuk paru-paru. Jahe mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat membantu menghilangkan polutan udara dari saluran udara sebelum menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Anticancer Agents in Medical Chemistry menunjukkan bahwa jahe bahkan dapat membantu dalam pengobatan kanker paru-paru. Minum teh jahe setiap hari untuk membersihkan paru-paru Anda dan menjaganya tetap sehat. 

Cukup siapkan 1 sendok teh jahe parut dalam 1 atau 1½ gelas air, rebus, biarkan mendidih selama 5 sampai 10 menit, saring dan tambahkan sedikit perasan lemon dan madu secukupnya. Jika Anda sedang mengonsumsi obat jantung atau tekanan darah tinggi, hindari mengonsumsi jahe secara berlebihan

Selain itu, cara alami dengan bernapas dalam membantu mendorong pertukaran oksigen penuh, yang membantu memperkuat paru-paru dan membersihkan saluran udara. Ini juga akan meningkatkan stamina Anda dan mengurangi stres dan kecemasan.

Cukup dengan berbaring telentang dan tutup mata Anda. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sambil menghitung sampai 5. Tahan napas selama 2 detik, lalu keluarkan perlahan sampai hitungan 5. Ulangi 9 atau 10 kali per sesi dan lakukan 2 atau 3 sesi sehari.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya