3 Cara Alami Cegah Penularan COVID-19 di Rumah

Ilustrasi masker.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

VIVA – Saat ini semakin banyak individu yang melihat orang-orang terdekat positif COVID-19. Hal ini disebabkan ancaman virus SARS CoV-2 sudah masuk ke lingkaran terdalam (inner-circle).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berdasarkan Peta Sebaran Kasus Per Provinsi oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19, sebanyak 96.217 penduduk DKI Jakarta positif terinfeksi COVID-19. Rasio bahkan menunjukkan 1 dari 114 penduduk DKI Jakarta positif terpapar COVID-19.

Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi MS., RDN., menjelaskan bahwa imunitas adalah sistem pertahanan tubuh yang didesain untuk mendeteksi, melawan dan membunuh benda asing seperti virus dan bakteri. Memiliki imunitas yang baik tidak hanya berarti melindungi diri sendiri, namun juga melindungi orang-orang terdekat di inner-circle yang sering berinteraksi dengan kita.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: Penjelasan Dokter Kenapa Angka Kasus COVID-19 Masih Tinggi

Pola hidup teratur

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dengan imunitas yang baik, maka tubuh seseorang tidak akan membawa virus yang kemudian dapat ditularkan kepada orang terdekat. Masyarakat dapat meningkatkan sistem imunitas dengan menjalankan gaya hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan sesuai dengan kebutuhan individu, olahraga rutin, istrirahat cukup, dan menjaga kebersihan diri. 

"Kurangi asupan tinggi gula dan garam. Aktivitas fisik bisa dilakukan di rumah karena olahraga bisa tingkatkan temperatur tubuh sehingga bunuh bakteri. Serta berat badan dijaga dan tidur 6-8 jam," kata Emilia, dalam acara virtual Press Launch Immusupport, Rabu 21 Oktober 2020.

Asupan herbal

Founder of Herbana, Jesslyn Rahardjo, mengatakan, setiap individu di DKI Jakarta, dengan mobilitas tinggi, pasti memiliki setidaknya satu orang dalam inner-circle-nya yang terjangkit COVID-19. Inner-circle adalah orang-orang yang berada di dekat kita, seperti orangtua, saudara, pasangan, kekasih, kerabat, relasi kerja dan teman komunitas. 

"Melihat betapa cepatnya ancaman COVID-19 ini, maka kita harus lebih waspada. Oleh karena itu, penting menjaga imunitas tubuh tetap prima, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen herbal, seperti Immusupport yang 100 persen diformulasikan dari ekstrak meniran, daun kelor dan kunyit," papar Jesslyn, 

Konsumsi herbal berkualitas seperti meniran, daun kelor dan kunyit terbukti dan dipercaya turun menurun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kita tahu, meniran mengandung zat aktif flavonoid yang dapat mengoptimalkan fungsi imunitas tubuh. Lalu, daun kelor kaya akan multivitamin, zinc, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk pembentukan sistem imun, serta melawan infeksi virus dan bakteri.

"Sementara itu, kunyit memiliki zat aktif kurkuminoid yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan anti virus. Jika ketiga herbal ini dikombinasikan secara baik dan benar, serta dikonsumsi secara teratur, maka akan bekerja secara efektif dalam mengoptimalkan mekanisme pertahanan tubuh," kata Emilia.

Baca juga: Long Weekend Oktober, Masyarakat Diimbau di Rumah Aja

Melakukan hobi sederhana

Daya tahan tubuh yang prima juga dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas menyenangkan. Ketika seseorang melakukan aktivitas yang menyenangkan, tubuhnya akan memproduksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres dan memberikan efek relaksasi. Contoh aktivitas menyenangkan yang dapat masyarakat lakukan di rumah adalah bersantai, mendengarkan musik, berkebun, menulis jurnal, atau mewarnai.

"Seperti mewarnai, dengan melihat warna maka hal-hal 'ribut' di otak bisa ditenangkan. Sehingga hormon endorfin dapat diproduksi dan menurunkan hormon kortisol pemicu stres," tutur Emilia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya