Jalan Kaki yang Benar untuk Turunkan Berat Badan, Begini Caranya

jalan kaki
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bukan hanya mengatur pola makan saja untuk dapat menurunkan berat badan. Melakukan olahraga juga perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penurunan berat badan. Sejumlah olaharaga seperti lari disebut sebagai jenis olahraga yang paling efektif menurunkan berat badan.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Namun bukan hanya olahraga jenis berat seperti lari saja yang dapat menurunkan berat badan. Berjalan kaki juga disebut dapat menurunkan berat badan, lalu seperti apa penjelasannya?

Dilansir dari laman Times of India dalam sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa seseorang yang berjalan kaki minimal 15.000 langkah dapat menurunkan berat badan. 

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Baca juga: Vaksin COVID-19, IDI: Semua Negara Tak Berani Pastikan Akan Berhasil

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam The International Journal of Obesity, 15.000 langkah adalah jumlah langkah akurat yang harus Anda jalani setiap hari untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Studi tersebut membandingkan kehidupan pekerja kantor yang tidak banyak bergerak dengan para tukang pos dan menemukan bahwa tukang pos yang berjalan 15.000 langkah setiap hari sesuai dengan tuntutan pekerjaan mereka, memiliki indeks massa tubuh yang normal, pengukuran lingkar pinggang dan profil metabolisme.  

Petugas pos itu juga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Di sisi lain, pekerja yang duduk berjam-jam memiliki lingkar pinggang yang lebih tinggi, BMI yang lebih tinggi, kontrol gula darah dan profil kolesterol yang lebih buruk serta memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Pastikan target minimum Anda mendekati 15.000 langkah setiap hari, yang sama dengan 2 jam jalan cepat.  Jika Anda tidak bisa berjalan selama dua jam sekaligus, bagi aktivitas berjalan kaki menjadi empat bagian masing-masing 30 menit.

Anda bisa berjalan saat bangun, sebelum makan siang, setelah makan siang dan setelah makan malam.  Jika itu juga tidak memungkinkan, Anda dapat mencoba bangun lebih sering dari meja kerja dan berkeliling rumah atau mungkin hanya menaiki dua anak tangga di sela-sela jam kerja.

Tidak hanya itu, berjalan 15.000 langkah setiap hari akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan metabolisme, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya