Hati-hati, 6 Permukaan Benda Ini Berisiko Tinggi Tularkan Virus Corona

Telepon selular.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Baik itu di dalam maupun luar ruangan, tidak ada tempat yang benar-benar aman dari risiko virus corona atau COVID-19.  Hasil penelitian dan studi baru-baru ini membuktikan, betapa cepat dan mudahnya COVID-19 dapat menyebar dari satu permukaan ke permukaan lainnya.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Penelitian Australia baru-baru ini membuktikan, betapa sedikit yang kita ketahui tentang penularan virus corona, mengingat bagaimana ia berpotensi menularkan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, dalam pengaturan suhu sedang. Karenanya, ada kemungkinan bahwa apa pun yang kita pegang saat ini dapat meningkatkan risiko tertular COVID-19.

Meski begitu, ada beberapa permukaan yang membawa risiko penularan COVID-19 lebih tinggi dibanding yang lain, demikian menurut studi baru. Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum kamu menyentuh enam permukaan berikut ini, dilansir Times of India.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Baca juga: Keseringan Ngopi Bikin Osteoporosis, Kok Bisa?

Jendela di transportasi umum

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Hal ini berlaku juga untuk transportasi udara. Meskipun sudah menerapkan menjaga jarak, tiang dan jendela terbuat dari baja, kaca, dan bahan serupa lainnya, yang dapat menjadi tempat yang baik bagi virus untuk berkembang biak di lingkungan bersuhu sedang.

Kedua, permukaan ini juga disentuh oleh wisatawan lain, yang meningkatkan risikonya. Oleh karena itu, bepergian dengan transportasi umum harus selalu waspada.

Uang kertas

Uang kertas Rupiah dan Dolar AS

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh fasilitas laboratorium penelitian yang berbasis di Australia menunjukkan, virus corona berpotensi berkembang pada uang kertas hingga 28 hari, dalam pengaturan suhu 28 derajat.

Layar ponsel

Layar ponsel kita bisa menjadi satu-satunya pembawa infeksi terbesar dari bakteri, virus, dan banyak kuman lainnya. Dari menggunakan jari-jari kita setiap saat dan membawanya ke manapun kita pergi, termasuk toilet, yang menjadi rumah berkembang biaknya kuman.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Setelah Dinyatakan Positif COVID-19

Karenanya, kita harus sangat berhati-hati saat membersihkan permukaan yang penuh kuman, seperti ponsel. Bahaya yang sama dapat meluas ke peralatan lain, seperti tablet, komputer dan layar lainnya.

Ruang tunggu rumah sakit

Rumah sakit memang menerapkan pembersihan dan sanitasi yang ketat, terutama pada saat pandemi. Namun, satu tempat yang paling tidak aman adalah ruang tunggu rumah sakit. Pikirkan berapa kali pengunjung memadati ruangan atau datang dari luar, sehingga berpotensi menularkan kuman.

Semakin tinggi langkah kaki, semakin tinggi pula risiko infeksi. Karenanya, mengunjungi rumah sakit saat ini mungkin bukan hal terbaik untuk dilakukan. Jika kamu harus pergi, jangan lupa memakai masker, face shield, membawa hand sanitizer, dan memakai sarung tangan.

Layar dan tombol ATM

Bilik kecil bisa menjadi tempat tidur untuk kuman. Tombol-tombol, layar kaca hingga lingkungan tertutup, ATM bisa menjadi tempat yang berisiko untuk dikunjungi selama pandemi COVID-19.

ATM Bank Mandiri

Sebaiknya, batasi kunjungan yang tidak diperlukan dan tetap utamakan transaksi online untuk mencegah risiko. Jika kamu tidak dapat menghindar untuk mengunjunginya, pastikan kamu mencuci tangan secara menyeluruh dan tetap mengenakan masker.

Peralatan stainless steel di dapur

Virus corona mungkin tidak dapat bertahan dalam panas tinggi, tetapi peralatan baja yang sering kamu gunakan dapat menjadi tempat berkembang biak yang mudah bagi kuman, termasuk SARS-COV-2.

Setelah uang kertas, baja tahan karat menjadi tempat paling menular kedua untuk virus corona bertahan dan menyebar dengan cepat. Jika kamu memiliki banyak peralatan dan penyimpanan berbahan baja di rumah, seperti permukaan meja dapur, peralatan dan permukaan benda lain, mungkin perlu sering dibersihkan secara menyeluruh.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya