Logo BBC

Mengapa virus corona sangat mematikan?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Virus sederhana ini telah membuat banyak insan tak lagi bernyawa. Kita telah menghadapi ancaman virus sebelumnya, termasuk pandemi, namun dunia tidak berhenti setiap terjadi infeksi baru atau flu musiman.

Jadi ada apa dengan virus corona ini? Apa yang membuatnya menimbulkan ancaman unik bagi tubuh dan kehidupan kita?

Penipu ulung

Pada tahap awal infeksi, virus dapat menipu tubuh.

Virus corona dapat merajalela di paru-paru dan saluran pernapasan kita, tapi sistem kekebalan kita berpikir bahwa semuanya baik-baik saja.

"Virus ini brilian, memungkinkan terbentuknya sebuah pabrik virus di hidung Anda, tapi Anda merasa benar-benar sehat," kata Prof Paul Lehner dari University of Cambridge.

Sel-sel tubuh kita mulai melepaskan bahan kimia - disebut interferon - begitu mereka dibajak oleh virus dan ini merupakan sinyal peringatan ke seluruh tubuh dan sistem kekebalan.

Namun, virus corona memiliki "kemampuan luar biasa" untuk mematikan peringatan kimiawi ini, kata Prof Lehner, "ia melakukannya dengan sangat baik sehingga Anda bahkan tidak tahu bahwa Anda sakit".

Menurut Prof Lehner, ketika Anda melihat sel yang terinfeksi di laboratorium, Anda tidak mengira bahwa sel itu telah terinfeksi, tapi hasil tes menunjukkan bahwa sel itu "sangat terinfeksi virus" dan ini hanyalah salah satu "kartu joker" yang dapat dimainkan oleh Sars-CoV-2.