Khasiat Bawang Merah Mentah, Jaga Imunitas Hingga Turunkan Kolesterol

Bawang Merah
Sumber :
  • Pixabay/ Klimkin

VIVA – Bawang merah merupakan salah satu rempah yang wajib ada dalam bumbu masakan agar terasa makin lezat. Ternyata, bawang merah juga berkhasiat bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara mentah.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Diterangkan dokter spesialis farmakologi klinik, dr Lonah SpFK, dalam acara Hidup Sehat di tvOne, bawang merah memiliki segudang khasiat seperti untuk mengatasi sakit kepala hingga demam. Khasiat lainnya yang sering terabaikan yaitu bawang merah mampu menjaga imunitas tubuh. Tentu, ini menjadi khasiat yang sangat baik di tengah pandemi dalam melawan COVID-19.

Nah, mau tahu khasiat tersembunyi dari bawang merah, khususnya bawang merah yang dikonsumsi mentah? Berikut tiga khasiatnya.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Baca juga: 5 Tips Penuhi Nutrisi Anak untuk Cegah Gizi Buruk

Daya tahan tubuh

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Banyak herbal yang juga menjadi tanaman obat untuk menjaga kekebalan tubuh seperti jahe atau kunyit. Selain dua herbal tersebut, bawang merah ternyata memiliki khasiat yang sama namun sering dilupakan.

"Bawang merah termasuk tanaman obat yang memiliki efek imunomodulator alami. Konsumsi satu siung tiap hari dapat pelihara kesehatan dan tingkatkan daya tahan tubuh," kata dr. Lonah.

Turunkan kolesterol

Bawang merah memiliki senyawa bernama alisin yang mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol darah. Konsumsi 2-3 siung bawang merah mentah dan makanan sehat lainnya, dapat bantu turunkan kadar kolesterol Anda.

Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi bawang merah untuk menjaga kondisinya tetap stabil. Selain konsumsi bawang merah mentah, imbangi makanan sehat pada penderita diabetes serta pola hidup sehat dan obat secara teratur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya