Bawa Anak Imunisasi ke Rumah Sakit saat Pandemi, Perhatikan 5 Hal Ini

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/smengelsrud

VIVA – Meskipun disarankan untuk tetap di rumah selama masa pandemi virus corona atau COVID-19, namun pemberian imunisasi bagi anak jangan sampai terlewat. Sangat penting untuk tetap melengkapi imunisasi sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hal ini bertujuan untuk melindungi si kecil terhadap berbagai penyakit menular lain selain COVID-19. Semua vaksin yang tercakup dalam jadwal imunisasi boleh diberikan, terutama imunisasi dasar pada 18 bulan pertama kehidupan anak.

Baca Juga: Tetap di Rumah, Cara Ampuh Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk dilakukan sesuai jadwal, maka imunisasi boleh ditunda dengan anjuran tidak lebih dari satu bulan dari jadwal.

Apabila si kecil harus ke rumah sakit untuk imunisasi. Maka, berikut ini hal-hal yang perlu orangtua perhatikan, yang dipaparkan oleh dokter spesialis anak RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

1. Pastikan anak selalu berada dengan jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain di sekitarnya.

2. Jagalah anak agar tidak menyentuh atau memegang berbagai benda yang ada di dekatnya.

3. Rajinlah mencuci tangan anak dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir, atau dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik.

4. Pada anak yang berusia di atas 2 tahun, gunakanlah masker kain selama beraktivitas di luar rumah, sesuai rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan rajin mengganti masker anak bila sudah mulai tampak basah atau kotor.

"Pada anak yang berusia di bawah 2 tahun, dapat menggunakan face shield atau kereta dorong yang di depannya memiliki penutup plastik," ujarnya.

5. Jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti baju anak setelah anak tiba kembali di rumah.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya