Satgas COVID-19: Wajib Pakai Masker Medis Saat Liburan Long Weekend

Mengenakan masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 dr. Sonny Harry B Harmadi menegaskan kedisplinan masyarakat harus diterapkan di tengah pandemi, khususnya saat long weekend pada Oktober ini. Salah satu protokol yang wajib dijalani yakni memakai masker saat keluar rumah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sonny menjelaskan, libur akhir pekan yang cukup panjang nanti berisiko terjadinya kerumunan yang mempermudah penularan virus corona jenis baru itu. Hal itu bisa makin menambah daftar kasus konfirmasi COVID-19 jika masyarakat tak menerapkan pemakaian masker.

Terlebih, masker yang digunakan tak bisa masker kain jika memang berencana mencari tempat liburan di akhir pekan bersama keluarga. Apalagi jika masker tersebut hanya satu atau dua lapis dan berbahan scuba.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Sederet Pemicu Osteoporosis, Kurang Asupan Sayur hingga Obat Steroid

Lantas, apa saja poin penting untuk mencegah penularan COVID-19 jika ingin berlibur saat akhir pekan panjang nanti? Berikut penjelasan Sonny dikutip dari acara Hidup Sehat, TvOne.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Masker medis

Ilustrasi pakai masker

Masker kain yang hanya satu lapis sangat tak disarankan saat keluar rumah, apalagi ke tempat wisata yang ramai pengunjung. Sebab, virus dapat berpindah dari uap udara yang keluar dari mulut.

"Minimal masker medis. Murah dan aman juga, harga pun Rp 2000 aja," tuturnya.

Lapor jika ada kerumunan

Selalu dan selalu hindari kerumunan saat di dalam ruangan maupun tempat terbuka. Jika terdapat pengelola di tempat wisata, bisa memberi laporan saat adanya kerumunan agar segera ditangani.

"Jadi kalau bisa memang kita tahu menghindari tempat berkerumun juga. Ada tempat wisata yang ada pengelola dan bisa lapor kalo ada kerumunan. Ada juga tempat wisata nggak ada pengelola seperti wisata alam. Nah ini butuh protokol kesehatan kita yang harus patuh," kata dia.

Cari tempat aman

Jika memang sangat ingin berlibur, usahakan mencari tempat yang tak terlalu banyak dikunjungi. Sebab, belum semua lapisan masyarakat menjalankan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Selain kita disiplin, buat rencana bagus pilih tempat-tempat yang minim kerumunan. Liburan aman, nyaman tanpa kerumunan," ujarnya. 

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya