Virus Kuat di Musim Hujan, Satgas COVID-19 Khawatirkan Libur Panjang

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Pakar telah membuktikan bahwa semakin rendah suhu, maka virus akan semakin kuat dan sulit mati. Hal itu berlaku pada semua jenis virus, termasuk COVID-19 yang tengah mewabah hingga akhir tahun 2020 ini.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 dr. Sonny Harry B Harmadi menjelaskan bahwa akhir 2020 ini mulai mengalami perubahan cuaca yang cenderung pada musim hujan. Sonny menuturkan bahwa musim hujan ini berpotensi memberi kekuatan pada virus SARS-CoV-2.

"Apalagi musim hujan. Virus COVID-19 makin kuat saat suhu makin rendah, ini risiko. Kenali kodisi ini," jelas Sonny dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Viral Truk Masuk ke Dalam Habitat Komodo, Bikin Geram

Lebih lanjut, Sonny menegaskan agar masyarakat mengenali kondisi tersebut saat berencana akan menjalani long weekend atau akhir pekan panjang di luar rumah. Biasanya, beberapa daerah di Indonesia cenderung memiliki suhu yang rendah seperti di kawasan Puncak dan Bandung, Jawa Barat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kalau mau berlibur, kenali tempatnya kalau hujan terus dan suhu lebih rendah, virus cenderung lebih kuat," kata dia.

Meski begitu, Sonny tak menampik pencegahan dapat dilakukan selama masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, perencanaan tepat untuk memilih tempat berlibur juga sangat penting dalam mencegah kerumunan.

"Bisa dicegah dengan masker dan jaga jarak serta cuci tangan. Aktivitas boleh berjalan asal semua sama-sama patuh (protokol kesehatan)," tuturnya.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya